24 January 2014

by Yoga Wisesa

Alienware: Steam Machine Buatan Kami Bisa Di-Upgrade

"Untuk apa membeli PC mahal-mahal jika kita tidak bisa meng-upgrade-nya?" Pertanyaan itulah yang muncul saat General Manager Alienware mengumumkan bahwa Steam Machines mereka tidak bisa di-upgrade dan dimodifikasi. Dan jujur saja, banyak orang berpendapat bahwa konsep non-upgradable ini sangat bertolak belakang dengan alasan Valve memulai proyek Steam Machines.

Entah apakah Alienware memutuskan untuk membuka telinga dan mendengarkan 'jeritan hati' para konsumen atau karena akhirnya Valve turun tangan untuk mengingatkan mereka. Berbicara dengan Eurogamer, Frank Azor (bos Alienware) mengklarifikasi pernyataannya soal Steam Machines Alienware yang tidak bisa di-upgrade. Kini para pemiliknya dibebaskan untuk memodifikasi penampilan dan hardware, walaupun tidak semudah melakukannya di PC rakitan biasa.

 

Info menarik: Hearthstone Memasuki Masa Open Beta, Nikmati Secara Gratis Sekarang Juga

 

Azor membuka pembicaraan, "Memberikan kesempatan pada para konsumen untuk melakukan upgrade komponen telah menjadi prinsip utama Alienware sejak perusahaan ini didirikan, dan prinsip yang sama juga berlaku sekarang." Walaupun pernyataan ini sangat bertolak belakang dengan apa yang disampaikannya kemarin, tidak ada kata terlambat untuk mengubah strategi mereka ke arah yang lebih bersahabat.

"Steam Machine Alienware yang diumumkan di CES lalu dirancang untuk menghadirkan pengalaman gaming luar biasa di ruang keluarga Anda, dan kami memperkenankan pengguna untuk meng-upgrade komponennya," jelas Azor. Ia meneruskan, "Karena pada dasarnya Steam Machine Alienware kami dibuat lebih kecil dibanding [home] console generasi terbaru, tentu saja memperbarui komponen internalnya tidak akan semudah di platform [PC] lain, seperti Alienware X51, namun kami tidak menghalagi konsumen untuk melakukan upgrade."

Namun tetap ia bersikeras bahwa Steam Machines tidak cocok untuk mereka yang gemar mengonta-ganti komponen. Ia kembali berkata, "Jika Anda tertarik dalam modding dan meng-upgrade rig, kami tetap sarankan untuk memilih Alienware X51. Kami telah merancangnya sedemikan mungkin agar X51 memiliki tingkat fleksibilitas upgrade yang tinggi. Hanya dengan memutar satu buah sekrup, Anda mendapatkan akses ke ODD, hard disk, kartu grafis dan lain-lain."

 

Info menarik: Aplikasi Browser dari Baidu Diminati di Indonesia

 

"Kami menyajikan beberapa pilihan berbeda untuk keinginan masing-masing konsumen. Jika seorang gamer menginginkan kebebasan, kami memiliki X51. Jika mereka lebih memilih platfrom a la console yang lebih kecil, kami tawarkan Steam Machines," tutup Frank Azor.

Entah mengapa ia terus menerus menyebutkan Alienware X51. Beberapa tahun lalu saat diumumkan, platform gaming ini memiliki ide yang cukup revolusioner. Namun informasi tentangnya lama-lama kurang terdengar, bahkan saat Anda kunjungi laman Dell, spesifikasi masih bertuliskan 'up to the powerful 2nd Generation Intel Core™ i7-2600 3.4GHz'. Untuk barang yang diandalkan seperti ini, mengapa Alienware tidak mau repot-repot meng-update informasi di website mereka?

Sekali lagi, nasib Steam Machine Alienware terletak dari harga yang mereka berikan padanya. Kita telah melihat beberapa produsen lain menawarkan Steam Machines mereka dengan harga melebihi US$ 1.000. Dan khusus Steam Machines, kita tidak lagi butuh yang terlalu mahal.

Sumber gambar header: Business Wire.