Setelah virtual chatroom dan VR Call, AltspaceVR tidak lama lagi akan memperlihatkan fungsi lain dari konsep Social VR yang mereka usung, yakni VR Wedding. Pada tanggal 25 Mei 2017 nanti, akan berlangsung sebuah hajatan pernikahan di dunia virtual melalui AltspaceVR.

Pasangan berbahagia yang akan melangsungkan pernikahannya dalam VR tersebut adalah Martin Shervington dan Elisa Evans. Martin sendiri merupakan salah satu pengguna awal AltspaceVR. Dia mengakui bahwa ini merupakan keputusan yang aneh, namun dia juga percaya bahwa orang-orang akan memahaminya setelah merasakan sendiri interaksi sosial dalam VR.

Bagi AltspaceVR sendiri, ini bukan pertama kalinya mereka memfasilitasi sebuah event. Namun yang unik kali ini adalah elemen emosi yang menjadi fokus utama. Pada event lain, orang-orang berkumpul untuk menonton film bersama, bermain game bersama, akan tetapi kali ini mereka akan berkumpul dan menyaksikan sepasang manusia mengungkapkan komitmennya untuk hidup bersama.

Menurut Gerald Gottheil selaku Marketing Communications dari AltspaceVR, VR Wedding merupakan salah satu contoh terbaik dari pemanfaatan VR untuk menghubungkan manusia. Bukan dengan alasan nonton bersama, tapi murni untuk menunjukkan dukungannya terhadap kedua mempelai.

Di hari H-nya, Martin dan Elisa akan berkunjung ke sebuah bar di kota Cardiff, Wales. Tempat itu ditunjuk bukan semata karena merupakan lokasi hangout favorit mereka, tetapi juga karena terdaftar sebagai venue pernikahan resmi di UK, sehingga pada akhirnya pernikahan mereka bisa diakui secara legal.

Sepanjang acara pernikahannya akan direkam menggunakan fitur AltspaceVR bernama Encore. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk ‘menghidupi’ acara kapan saja mereka mau setelah acara tersebut berlangsung, tentunya dengan pengalaman yang berbeda dari sekadar menonton video rekaman.

Acara pernikahan VR ini sendiri nantinya bisa dihadiri oleh 150 kerabat dari kedua mempelai, dengan sistem RSVP khusus yang telah disiapkan. Kedua mempelai juga memastikan semua tamunya yang berasal dari berbagai penjuru dunia bisa memiliki akses ke Samsung GearVR, HTC Vive atau Oculus Rift.

Sumber: UploadVR dan AltspaceVR.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.