Berita yang sangat mengagetkan dunia persilatan, Amazon telah mengakuisisi Zappos dengan jumlah yang fantastis yaitu sebesar 928 juta dollar AS berupa saham, dan juga uang tunai. Zappos sendiri akan tetap beroperasi seperti biasa secara independen di kantornya di Las Vegas dan tidak ada karyawan Zappos yang dipindah ke Amazon.

Kombinasi keduanya sebenarnya sangat cocok karena kedua perusahaan ini memiliki fokus utama pada customer service. Company culture yang sama inilah yang menjadi salah satu faktor pendorong Jeff Bezos untuk berani mengakuisisi Zappos. Zappos adalah sebuah situs ecommerce yang menjual produk berupa sepatu secara online, dan sama seperti Amazon, Zappos juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal customer service.

Untuk Zappos sendiri, exit-strategy ini tentu sangat menguntungkan bagi para founder dan juga investornya (Draper Richards, Scott Bannister, Sequoia Capital, Venture Frogs). Namun tetap saja jumlah ini masih dibawah angkat profit tahunan Zappos yang mencapai angka fantastis 1 milyar dollar, dan tahun ini diprediksi akan meningkat 20%. Mengapa Zappos menjual lebih murah? Beberapa kalangan menganggap bahwa para pemegang saham di Zappos lebih suka menjual daripada meneruskannya secara independen karena harganya cenderung lebih besar ketika menjual.

Amazon sendiri memiliki Endless, sebuah toko sepatu online yang juga kalah dari Zappos. Amazon juga menyatakan bahwa mereka tidak akan menutup dan akan terus berinvestasi di Endless yang juga menjual tas. Namun agak membingungkan dengan berjalannya dua bisnis yang paralel seperti itu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again