Categories

Berita

Amazon Assist, Mempermudah Belanja Online

Wiku Baskoro - 4 February 2010

Sebagai salah satu toko online terbesar apapun yang dikerjakan Amazon pasti menarik untuk dicermati, apalagi kalau Amazon membuat aplikasi yang bisa digunakan di Firefox. Baru-baru ini Amazon meluncurkan sebuah aplikasi add-on yang bekerja pada browser Firefox, aplikasi ini bernama Amazon Assist.

Amazon Assit adalah add-on yang akan membantu anda dalam menemukan produk yang anda cari di Amazon.com, sambil anda menjelajah produk-produk yang anda cari ini di web. Informasi tentang produk dari Amazon akan diberikan langsung dari browser anda ketika anda membutuhkannya.

Secara sederhana cara kerjanya mirip dengan add-on yang berfungsi untuk mempermudah pencarian, anda bisa mendownload aplikasi add-on-nya  di sini, kemudian menginstalnya seperti anda menginstal add-on , seperti yang biasa dilakukakn untuk menginstal add-on dari Firefox, restart Firefox anda, dan Amazon Assist bisa digunakan.

Add-on ini terletak dibagian bawah halaman web anda, ada 3 cara kerjanya, pertama membantu anda dalam mencari produk-produk di Amazon.com tanpa meninggalkan halaman browser yang sedang anda buka, kedua ketika anda sedang melakukan pencarian barang atau produk di search engine tertentu, lalu anda ingin mengetaui berapa harga barang itu di Amazon, anda tidak perlu meninggalkan dan membuka tab baru, cukup copy paste atau mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan yang anda cari, dan Amazon Assist akan memunculkan produk yang anda cari itu dalam bentuk pop up di bagian bawah.

Dan yang ketiga kemudahan dalam melihat detail produk, ketika pop up hasil pencarian produk sudah ada, anda cukup menggeser mouse anda diatas gambar yang anda cari, maka info produk barang tersebut di Amazon.com akan langsung tersedia, termasuk info harga, rating produk, stok sisa, serta tab pembelian Amazon yang akan langsung menghubungkan anda dengan keranjang belanja anda.

Beberapa kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu compatible dengan berbagai search engine dan website, mendisplay data harga serta keterangan produk yang up-to-date, anda bisa mencari produk sesuai dengan department yang ada di Amazon, yang bisa menghemat waktu anda dalam mencari produk tertentu, tersedia juga pilihan bagi user yang hanya ingin menampilkan Amazon Prime Results.

Aplikasi ini meluncur dalan versi beta dan masih memungkinkan adanya ketidaksempurnaan dalam fitur-fiturnya. Meski saya bukan pengguna Amazon, tapi saya penasaran untuk mencoba aplikasi ini, bagi anda yang merupakan pengguna Amazon yang menggunakan situs ini untuk membeli berbagai barang, informasi ini akan membantu anda terkoneksi dengan toko Amazon dimanapun anda berada di dunia internet, termasuk ketika anda sedang menjelajahi internet dan menemukan secara tidak sengaja produk yang anda cari, lalu ingin membelinya di Amazon, add-on ini akan menjadi shortcut yang praktis, saya sendiri lebih menggunakannya untuk mencari harga atau mencari pembanding harga antara berbagai toko dengan Amazon.com.

Dengan meluncurknya splikasi ini, ditambah pula dengan popularitas Firefox, sepertinya add-on ini akan memiliki tempatnya tersendiri, kemudahan adalah apa yang ingin ditawarkan oleh Amazon Assist, sesuai dengan namanya.

Saya jadi berpikir, mungkin gak ya para pelaku online shop disini, mengambil ide dari aplikasi ini dan mengembangkan fitur tertentu yang memudahkan user atau calon konsumen untuk berbelanja, tidak hanya mengandalkan tab search saja tapi, menjemput bola, mengikuti kemana user berada.

Dengan mendekatkan diri pada user dimana pun mereka browsing, informasi produk dari toko online yang bersangkutan akan selalu dekat dengan para calon konsumen itu.

Bagaimana pendapat anda, apakah add-on dari Amazon ini akan membuat pengalaman berbelanja online naik ketingkat selanjutnya? Atau anda punya pendapat lain, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter