StartupBerita

Ambisi SwipeRx Digitalkan Industri Farmasi Indonesia

Bidik 16 ribu mitra apoteker bergabung dalam jaringan SwipeRx Indonesia

SwipeRx, rebrand dari mClinica Pharmacy Solutions, mengungkapkan akan membangun jaringan farmasi digital terbesar pasca kantongi pendanaan seri B sebesar $27 juta dalam bentuk ekuitas dan pinjaman yang dipimpin oleh MDI Ventures pada akhir bulan lalu. Perusahaan akan lebih agresif garap pasar dan bangun komunitas apoteker yang selama ini belum terjamah secara maksimal.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar hari ini (21/6), Direktur SwipeRx Indonesia Oscar Ronald menjelaskan, ambisi tersebut akan dicapai dengan membangun pergudangan di sejumlah kota besar untuk permudah distribusi rantai pasok produk-produk farmasi ke jaringan apoteker di daerah. Bandung dan Surabaya adalah dua kota yang segera disinggahi perusahaan pada tahun ini bersama dengan kota-kota lainya.

“Kami ingin bangun warehouse secara nasional di beberapa kota, melakukan rekrutmen yang masif. Tujuannya agar kami bisa menjangkau apotek independen yang selama ini mengelola operasionalnya secara mandiri bisa mendapat produk farmasi dengan jaminan yang baik,” kata Oscar.

Secara bersamaan pula, perusahaan akan merekrut lebih banyak talenta baru dan mencari kemitraan dari berbagai instansi di industri farmasi untuk bangun ekosistem secara menyeluruh. SwipeRx membidik dapat menggaet 16 ribu mitra apotek sebagai pengguna hingga akhir tahun ini.

Angka ini naik 2x lipat dari posisi sekarang sebesar 8 ribu mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari angka tersebut, sekitar 5 ribu di antaranya sudah menggunakan fitur pengadaan pasokan obat dan kebutuhan apotek.

More Coverage:

Good Doctor Perkuat Posisi Sebagai Penyedia Ekosistem Kesehatan Holistik di Asia Tenggara

Oscar meyakini target tersebut akan tercapai karena diklaim pertumbuhan bisnis di Indonesia cukup stabil dengan penambahan 4 ribu-5 ribu mitra apoteker tiap tahunnya. Dengan strategi yang telah disesuaikan, ia meyakini angka tersebut dapat tercapai.

Solusi SwipeRx

SwipeRx memiliki dua produk, yakni SwipeRx Belanja dan SwipeRx Community. Produk yang pertama ini merupakan platform e-commerce untuk belanja produk farmasi yang telah disediakan SwipeRx. Apoteker dapat melakukan pengadaan tanpa harus keluar dari tempat kerja mereka. Barang akan dikirimkan dari gudang dengan memanfaatkan kemitraan dari logistik pihak ketiga.

Apabila lokasi apoteker di area Jabodetabek dan pemesanan dilakukan sebelum jam 11 siang, maka barang pesanan akan sampai di hari yang sama (same day delivery). Jika di atas jam 11 maka akan diarahkan untuk pengiriman esok harinya. Sedangkan untuk apoteker di luar Pulau Jawa durasi pengiriman sedikit lebih lama, yakni maksimal dua hari sampai.

More Coverage:

Strategi Klinik Pintar Bidik Digitalisasi 1000 Klinik Kesehatan di Indonesia

Di samping itu, SwipeRx juga menyediakan fasilitas pembiayaan kredit untuk apotek yang ingin memperbesar pengadaannya. Kemudian, untuk produk kedua, SwipeRx Community lebih ditujukan untuk membangun komunitas antar apoteker di seluruh Indonesia.

Direktur Marketing SwipeRx Indonesia Imanuel Hutagalung menambahkan, komunitas apoteker ini adalah sesuatu yang unik di Asia Tenggara karena belum ada pihak yang menggarapnya. Platform tersebut dapat dimanfaatkan para apoteker untuk meningkatkan kapabilitasnya untuk saling belajar dari satu sama lain dan edukasi mengenai obat-obatan.

Ke depannya, platform komunitas ini akan terus ditingkatkan kegiatannya agar para apoteker dapat menerima nilai lebih yang ditawarkan secara berkelanjutan. Salah satu yang tengah dipersiapkan adalah bekerja sama dengan lembaga profesi farmasi di Indonesia.

Branding apotek zaman dulu dengan sekarang itu sangat berbeda. Platform komunitas apoteker ini paling berkembang di SwipeRx karena belum ada di Asia Tenggara sekalipun,” ucap Imanuel.

Kedua produk SwipeRx di atas didesain untuk menyelesaikan isu digitalisasi di dunia farmasi. Menurut riset yang dilakukan perusahaan, sebanyak lebih dari 80% apotek di ASEAN itu adalah swasta, mereka terfragmentasi berdiri sendiri, tidak terkoneksi satu sama lain, dan operasionalnya masih manual.

More Coverage:

Setiaji: Standardisasi Jadi "Backbone" Keterhubungan Data di Industri Kesehatan

Berkantor pusat di Singapura, SwipeRx tidak hanya beroperasi di Indonesia saja, tapi juga masuk ke lima negara Asia Tenggara lainnya, yakni Filipina, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Bila ditotal keseluruhan, jaringan SwipeRx telah diikuti oleh 235 ribu apoteker profesional dan 45 ribu apotek. Adapun untuk tim SwipeRx Indonesia sudah didukung dengan 300 orang.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again