26 June 2014

by wiku

Android One, Program Google Untuk Sediakan Perangkat Android Rp 1 Jutaan

Dalam acara Google I/O salah satu pengumuman awal yang dilansir adalah sebuah program Google bernama Android One.

Program ini merupakan inisiasi Google untuk menghadirkan perangkat berbasis Android berharga murah untuk pasar-pasar negera berkembang.

Dikutip dari TheVerge, Android One merupakan program inisiasi dimana Google akan menghadirkan model referensi yang bisa dijadikan acuan bagi pabrikan untuk membuat smarphone mereka sendiri. Perangkat Android murah ini akan menjalankan stock Android dan mendapatkan update secara otomatis.

 

Info menarik: Lewat dari Versi Beta, Aviate Launcher Kini Tersedia untuk Publik

 

Program ini akan mulai dijalankan di India dan akan dilanjutkan di berbagai negara lain. Harga perangkat yang dihadirkan akan dijual di bawah $100 atau sekitar satu jutaan.

Beberapa mitra yang sudah siap meluncurkan perangkat Android One ini adalah Karbonn, Micromax dan Spice. Direncanakan perangkat yang masuk dalam program ini akan mulai dirilis sekitar bulan Juni - Agustus September 2014.

Untuk spesifikasi sendiri, selain yang telah disebutkan di atas, perangkat ini antara lain akan menghadirkan layar 4.5 inci, dual SIM, SD Card dan FM Radio. Spesifikasi ini berdasarkan model yang akan dirilis oleh Micromax.

Dari spesifikasinya bisa terlihat bahwa Android One di desain untuk kebutuhan negara berkembang, dalam presentasinya Sundar Pichai dari Google juga menyebutkan bahwa spesifikasi seperti dual SIM dan SD Card memang dibutuhkan konsumen di negara berkembang.

Android One juga tentunya akan cocok untuk pasar Indonesia, dimana harga dan spesifkasi biasanya menjadi pilihan utama konsumen. Harga murah dengan spesifikasi mumpuni, merek lokal juga sepertinya bisa mengadopsi program ini untuk menghadirkan perangkat Android yang didukung penuh oleh Google, terutama untuk urusan update OS.

Kita tunggu, setelah India, kemana lagi program Android One akan berlabuh.