1. Lifestyle

Anki Overdrive Janjikan Kombinasi Game dan Mobil Balap Yang Lebih Canggih

Di tahun 2013, sebuah proyek permainan ambisius yang digarap selama empat setengah tahun oleh para jenius dari Carnegie Mellon University akhirnya dilepas. Produk bernama Anki Drive itu membuat banyak orang terkesima, bahkan memicu kemunculan hybrid game dan mainan fisik lain. Kesuksesan tersebut mendorong developer menggarap versi lebih canggihnya.

Belum lama, diumumkanlah Anki Overdrive dalam ajang New York Toy Fair. Buat Anda yang belum familiar, Anki adalah perpaduan game balap digital dan fisik. Anda mengendalikan mobil menggunakan smartphone, melawan kecerdasan buatan atau kawan-kawan. Permainan diatur secara virtual oleh komputer, dan Anda juga dipandu AI sewaktu bertanding. Dan sudah pasti, Anki Overdrive dibekali fitur-fitur lebih canggih dari sang pendahulu.

Ada banyak jenis mobil baru, dan kini sirkuit tersaji secara 'tiga dimensi'. Apa maksudnya? Sebelumnya Anki Drive memanfaakan matras dengan tinta spesial yang berisi kode-kode pelacak posisi mobil. Waktu itu, lintasan hanya berupa karpet. Di Overdrive, developer menyajikan sirkuit modular - seperti arena balapan Mini 4WD. Dan hal tersebut benar-benar meningkatkan kualitas permainan.

Satu bundel Anki Overdrive memungkinkan kita membuat delapan desain lintasan berbeda dengan menyambungkan tiap-tiap modul sirkuit via magnet di ujungnya. Dan untuk pertama kalinya, Anki juga mempunyai jembatan. Dalam video game, istilah expansion pack tak lagi asing di telinga. Sejauh ini, permainan Anki Drive diperluas via update tipe mobil. Tapi di Overdrive, Anda dapat mengekspansi melalui tambahan modul pada track.

 

Info menarik: Anki Drive: Permainan Mobil Balap Dengan Kecerdasan Buatan

 

Anda bisa membubuhkan persimpangan empat arah (membuka resiko tabrakan lebih besar), putaran hairpin tajam, hingga platform buat melompat. Tiap modul ditawarkan antara US$ 10 sampai US$ 30, lalu satu mobil Anki dihargai US$ 50. Dalam permainan, Anda tak hanya berpacu saling menyalip buat jadi nomor satu. Terdapat sistem persenjataan virtual, lalu tiap mobil memiliki karakteristik berbeda baik saat bertahan maupun menyerang.

Apa maksudnya panduan AI tadi? Anda tidak perlu menekan tombol gas, dan mobil otomatis akan kembali ke jalur pertandingan bahkan saat dibalikkan posisinya. Layaknya karakter dalam game, mobil kian bertambah gesit ketika semakin sering digunakan bertanding. Di sisi software, developer telah membekali Anki Overdrive dengan bermacam-macam upgrade.

Kini lawan komputer tanpa nama digantikan oleh tokoh-tokoh fiktif dengan kekuatan, kelemahan, senjata favorit, serta cerita latar belakang masing-masing. Arahan ini tampaknya merupakan masukan dari Chief Creative Officer Joby Otero, dahulu sempat menjabat sebagai Creative Director Skylanders - franchise hybrid video game dan mainan punya Activision.

Rencananya, Anki Overdrive akan mulai dijual bulan September 2015. Starter Kit berisi dua mobil dan 10 modul lintasan, dijajakan seharga US$ 150.

Sumber: The VergeAnki.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again