1. DScovery

Apa Itu Chat GPT? Mari Mengenal ChatGPT dari Pengertian Hingga Cara Kerjanya!

Cara kerja Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) memakai format percakapan dari kecerdasan buatan.

Chat GPT adalah teknologi AI baru yang dapat menjawab pertanyaan apa pun dalam hitungan detik. Tak mengherankan, sejak peluncurannya di akhir tahun 2022, kecerdasan buatan ini telah menjadi subjek diskusi yang menarik.

Chat GPT sekarang menjadi alat yang banyak digunakan di berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga bidang teknologi. Tapi sebenarnya, apa yang membuat Chat GPT begitu populer? Bagaimana cara menggunakan Chat GPT? 

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan semua jawabannya. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu Chat GPT dan pelajari berbagai cara untuk menggunakannya untuk berbagai tujuan!

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT adalah chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI, menurut Search Engine Journal. ChatGPT bukanlah chatbot; itu memiliki kemampuan berinteraksi dan memberi respons yang sangat mirip dengan manusia.

Selain itu, jawaban yang diberikan sangat akurat jika dibandingkan dengan instruksi yang ditulis oleh pengguna. Itu sebabnya chatbot ini sangat disukai dan banyak dibicarakan di media sosial.

Program komputer yang dikenal sebagai Large Language Model (LLM) memiliki kemampuan untuk mengenali, meringkas, menerjemahkan, memprediksi, dan menghasilkan teks, termasuk chatbot ini.

Cara Kerja Chat GPT

Bagaimana Chat GPT berfungsi untuk memberikan jawaban? Ini adalah prosedurnya:

  1. Memberi input. Pengguna mengajukan pertanyaan atau arahan di Chat GPT.
  1. Tokenisasi Chat GPT akan membagi kalimat menjadi kata per kata, yang dikenal sebagai token. Model kemudian mengurutkan dan memproses token-token ini.
  1. Menempatkan input. Teks yang telah di tokenisasi akan diubah menjadi vektor agar Chat GPT dapat memahami artinya. 
  1. Pemrosesan model. Pada tahap ini, Chat DPT menghasilkan respons menggunakan model bahasa yang telah dilatih sebelumnya. 
  1. Memberikan tanggapan. Teks output Chat GPT menjawab pertanyaan atau instruksi pengguna. 

Keuntungan Chat GPT

  1. Sangat responsif dalam kecepatan memberikan jawaban.
  1. Jawaban yang diberikan cukup mudah dipahami.

Kekurangan Chat GPT

  1. Karena input sebelumnya dibuat oleh manusia, jawaban saat ini hanya berdasarkan input tersebut. Oleh karena itu, jawabannya tidak dapat diandalkan sepenuhnya karena kredibilitasnya.
  1. Karena keterbatasan kueri yang dimasukkan, Anda masih dapat mencari informasi di Chat GPT ini. Kamu hanya dapat mendapatkan informasi terbaik maksimal tahun 2021.
  1. Sifat alamiah robot, yang berarti bahwa untuk beberapa masalah kadang tidak kontekstual seperti yang kita inginkan. Hasilnya adalah jawaban yang sangat umum dan bahkan tidak menjawab pertanyaan yang kita cari atau perlukan.

Pada dasarnya, Chat GPT adalah kemajuan teknologi kontemporer yang dapat membantu manusia. Namun, kita harus berhati-hati saat menggunakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again