MSME Tutorial

Berkenalan dengan Evermos, Social Commerce untuk yang Pengen Buka Usaha Online

Evermos hadir sebagai solusi bagi siapa saja untuk mendapat pemasukan tambahan secara gratis, mudah, dan halal

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) menyebutkan bahwa pada tahun 2019, Indonesia menduduki peringkat pertama dalam negara dengan pertumbuhan e-commerce terbesar di dunia yang mencapai 78 persen.

Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa jual beli secara online diminati oleh masyarakat dan memiliki prospek yang menjanjikan. Tak heran, banyak e-commerce baru yang bermunculan di Tanah Air, salah satunya adalah Evermos.

Nama Evermos merupakan singkatan dari “Everyday Need for Every Moslem”. Platform berbasis website dan aplikasi yang didirikan di Bandung sejak 2018 ini hadir dengan tujuan untuk memberikan fasilitas yang membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu bersaing dengan bisnis besar. Bukan hanya berfokus pada bisnis semata, namun Evermos juga memilliki komitmen pada dampak sosial.

Dimulai dari Bandung, “ibukota” fashion muslim di Indonesia dan dengan pengalaman para pendirinya di bidang teknologi, Evermos memiliki impian besar memberdayakan 10 juta perempuan Indonesia untuk kreatif, independen, usaha mandiri dan memberi manfaat untuk sesama.  Menjadi pengusaha yang sukses, tanpa mengesampingkan peran sebagai seorang ibu, seorang istri, seorang kakak dalam keluarga mereka.

"Bagi kami, Ikhtiar memiliki arti khusus karena kami mengerti bahwa untuk menjadi sukses bukanlah hal yang mudah. Kami ingin para teman-teman reseller untuk selalu berkomitmen dengan kerja keras dan berusaha sebaik mungkin, sama seperti kami berkomitmen membantu agar reseller-reseller menjadi sukses." jelas Iqbal Muslimin, CEO Evermos.

Banyak orang ragu untuk memulai usaha karena terhalang modal, tidak tahu cara berjualan, ataupun bingung memilih produk yang akan dijual. Menjawab masalah tersebut, Evermos hadir dengan menyediakan platform untuk berjualan tanpa modal dan stok produk. Siapapun bisa bergabung menjadi reseller, membangun toko online, dan mendapat komisi.

Evermos menjadi perantara antara UMKM, reseller, dan pelanggan untuk bergotong royong dalam ekosistem jual beli yang saling menguntungkan. Model bisnis yang digunakan yaitu reseller memesan ke Evermos, kemudian Evermos akan mengirimkan produk pesanan ke pelanggan. Dengan begitu, reseller tidak perlu repot untuk melakukan packing.

Yang menarik dari Evermos, platform ini menggunakan prinsip syariah. Oleh karena itu, proses transaksi yang dilakukan sesuai dengan nilai ekonomi syariah islam dan seluruh produk yang tersedia di aplikasi ini dijamin halal.

Terdapat lebih dari 12.000 produk halal, mulai dari produk makanan dan minuman hingga pakaian. Tersedia pula lebih dari 600 merek dan produk UMKM yang dijual di platform ini. Sehingga, penjual dan pembeli memiliki pilihan yang luas selayaknya e-commerce lain.

Evermos juga menyediakan pelatihan kepada komunitas reseller agar semakin piawai mengelola usahanya, sesuai dengan fiqih islam. Saat ini, lebih dari 17.000 reseller telah bergabung.

Dengan jaringan relasi yang besar dan saling terhubung, Evermos memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk berjualan secara gratis, tanpa modal, memperluas pasar, serta akses terhadap komunitas untuk saling bertukar pikiran.

Cara Kerja dan Fitur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Evermos merupakan perantara antara UMKM, reseller, dan konsumen untuk bergotong royong dalam ekosistem jual beli.

Untuk memasarkan produk, reseller dapat mempromosikan secara langsung atau melalui media apapun. Media sosial misalnya, reseller dapat membagikan gambar dan deskripsi produk melalui WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Konsumen akan memesan langsung ke reseller dengan harga yang tertera di katalog Evermos. Kemudian, reseller akan melakukan pemesanan di platform Evermos dan melakukan pembayaran dengan harga khusus reseller. Pengemasan dan pengiriman barang hingga sampai ke tangan konsumen akan dilakukan oleh pihak Evermos. Reseller akan mendapat komisi tambahan apabila produk sudah diterima oleh konsumen.

Pada platform ini, fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yakni:

  • Berbisnis online

¨Anda bisa mendaftarkan diri sebagai reseller dan memulai toko online Anda. Cukup dengan melakukan registrasi, menambahkan produk-produk pada toko Anda melalui aplikasi, melakukan promosi, lalu memproses pembayaran. Selanjutnya, pengemasan dan pengiriman akan dilakukan oleh Evermos.

Singkatnya, Evermos memungkinkan Anda untuk memiliki bisnis online tanpa modal, tanpa stock barang, tanpa packing, dan hanya bermodalkan perangkat untuk mengakses wesbite atau aplikasi.

  • Berbelanja

Untuk memesan barang di Evermos tidak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya. Anda cukup memilih produk yang Anda inginkan beserta dengan varian ukuran maupun warnanya, mengisi detail pembelian dan alamat pengiriman, kemudian memilih metode pembayaran serta melakukan pembayaran.

  • Menjadi supplier

Selain membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi reseller atau dropship, Evermos juga terbuka bagi para pemilik brand untuk bergabung sebagai supplier.

Anda bisa bekerja sama dengan Evermos untuk menampilkan produk yang Anda jual agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Daftar sebagai partner Evermos bila Anda tertarik untuk bergabung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again