1. DScovery

Apa itu Google Workspace: Pengertian, Aplikasi, dan Manfaat

Kamu ingin tahu apa itu Google Workspace? Simak artikel berikut ini, yuk!

Bagi kamu yang bekerja dari rumah atau work from home, pasti sudah terbiasa dengan tools ini. Bekerja darimana saja tanpa perlu mendatangi kantor merupakan budaya baru karyawan setelah pandemi mereda. Bagaimana tidak, work from home memudahkan karyawan bekerja dimana saja dan kapan saja dengan mudah, hanya dengan mengandalkan internet, tools, dan perangkat laptop saja.

Saat ini sudah banyak tools yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaanmu, lho. Salah satunya, Google Workspace. Melalui Google Workspace, kamu bisa melakukan banyak hal terkait dengan pekerjaanmu. Berikut artikel mengenai Google Workspace.

Pengertian Google Workspace

Kalau kamu pernah mendengar G-Suite, pasti kamu bisa mengoperasikan Google Workspace. Google Workspace adalah pengembangan dari G-Suites yang diikuti dengan pembaharuan fitur di dalamnya. Google Workspace terdiri dari beberapa aplikasi dan menu yang bisa mendukung kerjamu menjadi lebih produktif.

Melalui Google Workspace, kamu akan terintegrasi secara langsung dengan email, pesan, panggilan video, dan banyak aplikasi lainnya. Jadi, kamu bisa dengan mudah berkolaborasi, dan berkomunikasi mengandalkan Google Workspace.

Beragam Aplikasi Google Workspace

Jangan khawatir, Google Workspace telah terintegrasi dengan beragam aplikasi Google. Berikut aplikasi Google Workspace yang bisa kamu gunakan.

Gmail

Google Workspace | Justin Morgan - Unsplash

Sudah pasti kamu tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi ini. Gmail merupakan salah satu provider email yang telah digunakan sebanyak lebih dari satu milyar pengguna. Melalui Gmail yang tersedia di Google Workspace, pengguna memungkinkan untuk mendapatkan layanan email tanpa iklan yang telah diperbaharui.

Google Calendar

Illustrasi Google | Gaining Visual - Unsplash

Hadirnya Google Calendar membuat kemudahan bagi penggunanya yang memiliki sifat pelupa. Google Calendar memungkinkan untuk menjadi pengingat kegiatanmu, mulai dari meeting bersama rekan kerja, tanggal tenggat waktu tugas pekerjaan, juga pengingat proyek penting.

Google Drive

Illustrasi Google | Elle Carter - Unsplash

Google Drive merupakan tempat penyimpanan data online yang disediakan oleh Google dengan kapasitas maksimum sebesar 30 GB. Google Drive pada Workspace juga menyediakan beberapa paket seperti, Business, Enterprise dan Teams yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Google Drive bisa diakses 24 jam selama kamu terhubung dengan koneksi internet.

Google Docs

Google Docs

Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word, pasti kamu bisa mengoperasikan Google Docs dengan mudah. Google Docs merupakan layanan pengeditan dokumen teks online secara langsung tanpa aplikasi. Google Docs juga mendukung beberapa pengguna melakukan pengeditan dokumen secara langsung dan bersamaaan.

Google Spreadsheet

Google Spreadsheet

Nah, Google Spreadsheet merupakan layanan dari Google yang mirip dengan Microsoft Excel. Google Spreadsheet mendukungmu untuk melakukan pengeditan dokumen, teks, angka, hingga laporan data.

Google Meet

Google Meet

Selanjutnya ada Google Meet, mungkin saja kamu pernah mengoperasikan aplikasi ini untuk melakukan pertemuan daring bersama rekan kerjamu. Google Meet biasanya digunakan untuk berdiskusi dalam bentuk video call. Kalau kamu menggunakan Google Workspace, kamu bisa bergabung dengan mudah di Google Meet dari Google.

Google Form

Google Form

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan layanan Google Form. Google Form merupakan fitur yang disediakan oleh Google untuk melakukan pengumpulan data dari membuat formulir yang disebarluaskan secara online.

Kelebihan Google Workspace

Google Workspace yang terintegrasi satu dengan lain sangat memberikan kemudahan penggunanya dari kelebihan yang ditawarkan. Berikut kelebihan Google Docs.

Mudah Digunakan

Google Workspace mudah untuk digunakan, mengingat seluruh aplikasinya terintegrasi satu sama lain. Aplikasi dalam Google Workspace pun bisa digunakan siapa saja.

Mudah Diakses dan Efisien

Google Workspace mendukung untuk melakukan pengeditan secara langsung dan bersamaaan. Kamu bisa melihat dan memberikan akses tertentu untuk melindungi dokumen pentingmu.

Meningkatkan Produktivitas

Google Workspace mampu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Mengingat, penggunaannya yang mudah dan memungkinkan untuk dikerjakan kapanpun dan dimanapun selama terhubung internet.

Berikut artikel mengenai Google Workspace. Pastikan kamu bisa mengoperasikan seluruh aplikasi yang tersedia di Google Workspace. Pasalnya, Google Workspace bisa mendukung kemudahan untukmu bekerja. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again