1. Entrepreneur

Mengungkap Kekuatan Marketing Asset untuk Pertumbuhan Bisnis

Membangun Brand yang Kuat melalui Pemanfaatan Marketing Asset

Dalam era digital yang semakin berkembang, strategi pemasaran telah mengalami pergeseran yang signifikan. Saat ini, pemasaran tidak lagi hanya terbatas pada iklan di media tradisional seperti koran, radio, atau televisi.

Kemajuan teknologi telah membawa pemasaran ke ranah digital yang memungkinkan bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan terukur. Salah satu aspek krusial dari pemasaran digital adalah marketing asset.

Apa itu Marketing Asset?

Dikutip dari laman Fruition Design, marketing asset didefinisikan sebagai segala materi atau konten yang membantu Anda untuk mengkomunikasikan suatu pesan kepada audiens Anda. Materi atau konten tersebut dapat dituangkan dalam berbagai bentuk, seperti gambar, video, tulisan, desain grafis, infografis, dan lain sebagainya.

Marketing asset harus dirancang dengan menarik dan mencerminkan identitas brand Anda. Tidak hanya memainkan peran penting dalam menjalankan kampanye pemasaran, marketing asset juga membantu bisnis dalam membangun brand image dan kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

Mengapa Penting untuk Mengelola Marketing Asset?

Pengenalan Identitas Brand yang Kuat

Marketing asset membantu membangun brand identity yang kuat. Desain grafis, logo, dan elemen visual lainnya dapat menentukan bagaimana kesan dari para pelanggan potensial. Dengan mengenal marketing asset yang tepat, Anda dapat menciptakan citra brand yang konsisten dan mudah diingat.

Mempertahankan Konsistensi Pemasaran Brand

Proses pengenalan warna, logo, desain, dan berbagai elemen lainnya yang menjadi ciri khas brand Anda akan menciptakan konsistensi brand. Mengenal dan memiliki akses terhadap berbagai jenis marketing asset juga memastikan bahwa pemasaran Anda tetap konsisten di semua saluran. Konsistensi adalah kunci untuk menghindari kebingungan pelanggan dan membangun kesan positif yang langgeng. Dikutip dari Coschedule, konsistensi yang tercipta akan berguna untuk mencegah ketidaksesuaian pesan dan memberi lebih banyak brand visibility.

Hemat Waktu dan Sumber Daya

Dengan mengenal marketing asset yang Anda miliki, Anda dapat menghindari pembuatan ulang yang tidak perlu. Anda dapat menggunakan kembali gambar, video, atau konten lainnya dalam berbagai kampanye untuk kemudian di edit atau di modifikasi, sehingga menghemat waktu dan sumber daya.

Contoh Marketing Asset

  • Email: Konten berkala yang dikirim kepada pelanggan, dapat berupa informasi promosi, produk baru, dan lain sebagainya.
  • Brosur: Materi cetak yang memberikan informasi tentang perusahaan atau produk dan layanan Anda. Informasi yang tersaji termasuk gambar dan kontak perusahaan.
  • Artikel: Artikel blog, ulasan produk, dan teks promosi di situs web atau media sosial perusahaan.
  • Logo: Simbol visual yang merepresentasikan brand Anda dan digunakan di semua materi promosi. Logo ini akan menjadi ciri khas yang mengingatkan pelanggan akan brand
  • Video: Video singkat sebagai strategi pemasaran yang menggambarkan keunggulan produk/layanan atau memberikan wawasan tentang bisnis Anda.
  • Gambar: Pastikan Anda menggunakan gambar dengan kualitas tinggi karena gambar juga dapat menjadi penghubung Anda dengan para pelanggan.
  • Audio recordings (misalnya, podcasts): Audio yang membahas topik terkait bisnis Anda dan produk/layanan Anda yang bisa menjadi sumber informasi bagi pelanggan.

Selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, masih banyak contoh marketing asset lainnya yang juga dapat dipilih sesuai dengan bisnis Anda.

Tips Mengimplementasikan Marketing Asset yang Efektif

  • Tentukan identitas brand dan kenali audiens Anda. Lakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami masalah dan preferensi komunikasi dari target audiens Anda. Kemudian, tetapkan identitas brand yang jelas dan konsisten. Fondasi ini akan membantu mengarahkan desain dan pesan dari asset Anda.
  • Konsistensi adalah kunci. Pertahankan warna, gaya visual, huruf, bahasa, dan pesan yang konsisten di seluruh marketing asset Konsistensi ini membantu membangun pengenalan brand dan kepercayaan audiens Anda.
  • Sesuaikan marketing asset dengan media yang digunakan. Dikutip dari Boma Marketing, dengan beragamnya platform pemasaran yang dapat digunakan, penting untuk membuat marketing asset yang relevan dengan karakter media yang dipilih agar dapat memaksimalkan eksposur yang didapat.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, mengenal marketing asset merupakan langkah penting untuk memastikan bisnis Anda tetap relevan dan efektif dalam menjangkau target audiens. Dengan memahami pentingnya marketing asset dan cara mengelolanya dengan bijak, Anda dapat menciptakan kampanye pemasaran yang mengesankan dan berdampak besar terhadap pertumbuhan bisnis Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again