MSME Tutorial

Aplikasi Mimin, Kelola Bisnis Online Jadi Mudah dari Satu Platform

Mengenal apa itu aplikasi Mimin dan fiturnya sebagai solusi kelola bisnis online yang lebih efektif.

Mengelola bisnis online nyatanya sangat mudah jika dilakukan dengan cara pintar. Mimin adalah salah satu cara pintar yang bisa Anda terapkan dalam mengelola bisnis. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu Mimin? Jika belum, di sini Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai apa itu Mimin dan apa saja fitur-fiturnya yang dapat membuat kegiatan mengelola bisnis online menjadi mudah.

Apa Itu Mimin?

Mimin adalah sebuah aplikasi dengan fitur-fitur yang dapat membantu pemilik bisnis online seperti Anda mengelola usaha lebih mudah dan efektif. Aplikasi Mimin hadir untuk memudahkan para penjual online yang tidak tergabung di e-commerce dalam menerima pesanan, memproses pesanan, hingga memantau penjualan.

Seperti namanya, aplikasi Mimin memiliki fungsi layaknya seorang admin. Untuk bisa membantu Anda lebih baik seperti layaknya seorang admin, aplikasi Mimin dilengkapi banyak fitur yang selengkapnya akan Anda simak informasinya di bawah ini.

Fitur-Fitur Aplikasi Mimin

Banyak sekali kemudahan yang bisa diberikan kepada Anda, mulai dari cek ongkir tanpa pindah aplikasi, terima pembayaran online, hingga membuat invoice dan mengirimkannya langsung ke WhatsApp pelanggan.

Semua aktivitas tersebut tentu dapat Anda lakukan di Mimin karena adanya fitur-fitur canggih yang mendukung para pelaku bisnis untuk go digital. Apa saja fitur-fitur tersebut?

Web & Mobile App

Mimin merupakan aplikasi yang dapat Anda akses melalui PC dan mobile. Untuk di PC, Anda dapat mengakses aplikasi Mimin melalui web browser. Sedangkan pada mobile, Anda dapat mengunduh aplikasi Mimin secara gratis di App Store (untuk iOS) maupun Play Store (untuk Android).

Artificial Intelligence

Aplikasi Mimin telah dilengkapi dengan sistem artificial intelligence (AI) yang memungkinkan penginputan pesanan otomatis dari pesan WhatsApp. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan penginputan ulang secara manual dari pesan WhatsApp customer ke aplikasi Mimin agar lebih efektif.

Satu-satunya yang perlu Anda lakukan adalah menyalin pesan dari WhatsApp customer ke aplikasi Mimin. Sangat efektif, bukan?

Invoice

Fitur selanjutnya adalah fitur invoice yang memudahkan Anda untuk mengirimkan invoice ke pelanggan. Anda dapat mengirimkan invoice langsung ke WhatsApp pelanggan dengan format pesan dari Mimin untuk melakukan penagihan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing menyalin dan tempel templateinvoice secara manual. Selain itu, Anda juga dapat mencetak dan juga mengunduh invoice ke dalam bentuk dokumen.

Pembayaran Online

Pusing bolak-balik cari nomor rekening untuk dikirimkan ke pelanggan? Jangan khawatir. Mimin memiliki solusi yang lebih efektif melalui fitur pembayaran online. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat membagikan link pembayaran online kepada pelanggan.

Pelanggan kemudian dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan Anda akan menerima notifikasi otomatis apabila pembayaran telah berhasil.

Link Sharing

Agar pelanggan dapat bertransaksi di toko Anda, Anda dapat membagikan link toko online Anda dengan fitur link sharing yang ada di Mimin.

Smart Keyboard

Mimin memiliki aplikasi smart keyboardyang Anda dapat unduh juga secara gratis di Play Store. Smart keyboard ini dapat membantu memudahkan aktivitas kirim pesan dengan pelanggan.

Anda dapat membuat banyak template langsung pada keyboard sehingga tidak perlu mengetik ulang pesan yang sama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sama dari pelanggan.

Pengiriman/Logistic

Cek ongkir pengiriman seringkali menjadi kendala bagi para owner bisnis online atau admin karena harus mengecek biaya ongkir berbagai jasa pengiriman satu per satu. Dengan mimin, cek ongkir tidak perlu lagi menjadi masalah.

Mimin memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk memperoleh info biaya ongkir berbagai jasa pengiriman dalam sekali cek. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan ojek online secara langsung dari aplikasi Mimin.

Cara Daftar Akun Mimin

Sebelumnya, Anda telah melihat berbagai fitur yang dimiliki aplikasi Mimin. Untuk bisa menikmati fitur-fitur tersebut, Anda tentu perlu mendaftar akun Mimin. Pendaftaran akun Mimin dapat dilakukan via browser PC maupun aplikasi mobile yang langkah-langkah keduanya akan dipaparkan di bawah ini.

Cara Daftar Mimin via PC

Selain melalui perangkat mobile, Mimin juga dapat diakses melalui browser di PC. Berikut ini adalah cara membuat akun Mimin melalui browser di PC:

  • Klik tombol Daftar Sekarang untuk masuk ke halaman registrasi.
  • Pada halaman registrasi, Anda akan melihat langkah-langkah pendaftaran yang terbagi menjadi empat langkah.
  • Langkah pertama, isi nama, email, dan nomor telepon Anda selaku pemilik bisnis. Lalu, klik Lanjut.

  • Langkah kedua adalah langkah aktivasi akun. Pilih opsi Kirim kode via WhatsApp dan klik Lanjut.

  • Kemudian, kode OTP akan terkirim ke WhatsApp Anda. Masukkan kode OTP tersebut dan klik Lanjut.

  • Langkah ketiga, buat kata sandi. Masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi. 

  • Jika sudah, klik Lanjut.
  • Terakhir, isi informasi profil toko. Unggah logo toko dan masukkan nama toko Anda. Klik Selesai untuk menyelesaikan pengisian form pendaftaran.

  • Akun Mimin berhasil dibuat.

Cara Membuat Akun Mimin via Mobile

Di aplikasi Mimin, terdapat tiga pilihan metode pendaftaran, yakni daftar menggunakan akun Facebook, daftar menggunakan akun Google, dan daftar menggunakan email secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk masing-masing metode pendaftaran tersebut:

Cara Daftar Menggunakan Facebook

Untuk mendaftar dengan cara ini, Anda tentu harus memiliki akun Facebook. Kemudian, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Mimin.
  • Kllik tombol Daftar.

  • Selanjutnya, pilih metode pendaftaranRegister using Facebook.
  • Kemudian, login ke akun Facebook Anda jika sebelumnya Anda belum login di perangkat tersebut.

  • Setelah itu, klikContinue asuntuk melanjutkan pendaftaran menggunakan akun Facebook Anda.
  • Selesai.

Cara Daftar Menggunakan Akun Google

Selain menggunakan akun Facebook, Mimin juga menyediakan pilihan untuk mendaftar menggunakan akun Google yang sama praktisnya dengan cara sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Mimin.
  • Klik tombol Daftar.
  • Selanjutnya, pilih metode pendaftaran Register using Google.

  • Kemudian akan muncul pop-up daftar akun Google yang ada pada perangkat Anda. 
  • Pilih salah satu akun Google yang ingin Anda gunakan untuk mendaftar akun Mimin.
  • Selesai.

Cara Daftar Menggunakan Email Manual

Cara satu ini cukup serupa dengan cara mendaftar melalui browser PC dimana Anda perlu mendaftarkan email dan nomor WhatsApp Anda. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Mimin.
  • Klik tombol Daftar.
  • Pilih metode pendaftaran Email Registration.
  • Seperti pada cara mendaftar di browser PC, terdapat empat langkah yang harus Anda lalui.

  • Pertama, isi nama, email, dan nomor telepon Anda. Klik Next.
  • Kedua, pilih opsi aktivasi melalui WhatsApp. Klik Next.
  • Setelah itu, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke WhatsApp nomor terdaftar. Klik Next.
  • Ketiga, masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Klik Next.
  • Keempat, isi nama toko Anda dan unggah logo toko untuk melengkapi profil bisnis. Klik Done.
  • Selesai.

Demikian informasi mengenai apa itu mimin dan fitur-fiturnya, serta cara daftar akun Mimin melalui berbagai cara yang tersedia. Setelah berhasil mendaftar, Anda dapat langsung merasakan mudahnya mengelola bisnis online Anda dari satu aplikasi. Terlebih lagi, semua fitur Mimin dapat diakses secara gratis selamanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again