Scale Up: Menuju Bisnis Fase Berikutnya

Perjalanan bisnis kalian sudah sangat panjang saatnya masuk ke fase baru kesuksesan

Jika anda memiliki sebuah usaha, pasti andamenginginkan untuk meningkatkan keuntungan dan menjangkau pasar yang lebih luas. Ketika perusahaan sudah mulai berkembang dan dikenal, saat itulah perusahaan akan scale up. Secara mudah scale up adalah perusahaan yang mengalami peningkatan menjadi perusahaan yang lebih besar.

Dikutip dari Tech Nation, scale up adalah fase pertumbuhan perusahaan yang berbeda. Artinya perusahaan sudah mengalami berbagai proses perkembangan sehingga ada di posisi kesuksesan dan siap untuk memasuki fase kesuksesan selanjutnya.

Ciri-ciri Perusahaan yang Siap Scale Up

1) Menolak Order

Jika dipikir sekilas menggunakan logika aneh sekali ada perusahaan yang menolak order atau pembelian dari pembeli. Namun, sebenarnya hal ini salah satu ciri perusahaan harus melakukan scale up, karena ketika perusahaan tidak mampu mengimbangi permintaan dengan sumber daya yang ada, maka anda harus scale up dengan meningkatkan kapasitas produk.

2) Membutuhkan Tenaga Ahli

Ketika awal anda mendirikan usaha sendiri dan mengurus semuanya sendiri, di tengah perjalanan merasa perlu ada yang membantu karena kewalahan ataupun peningkatan kualitas pada proses tertentu. Maka itulah saatnya anda memasuki tahap bisnis selanjutnya.

3) Penjualan yang Konsisten dan Pembelian Kembali

Poin ini menjadi hal yang sangat terlihat ketika perusahaan siap scale up, yaitu dengan cara memerhatikan kas perusahaan. Jika alur uang sehat, jadi selama usaha yang kalian dirikan tidak merugi dan menutup seluruh keperluaan, itu bisa menjadi parameter utama.

Ditambah dengan pesanan berulang dari pembeli yang sama selama beberapa kali, itu artinya usaha kalian sudah memiliki konsumen yang loyal. Perhatikan juga jumlah penjualannya, jika dalam jangka waktu tiga bulan terakhir penjualannya meningkat atau cenderung stabil, maka usaha bisa dipertimbangkan untuk bisa scale up.

4) Menekan Risiko

Ketika anda memulai usaha, anda harus mau dan bisa bertaruh atau mengambil banyak risiko. Banyaknya risiko yang diambil, karena kita harus mencoba banyak cara dan jalan dalam mencapai sesuatu, sebab kita tidak pernah tahu cara mana yang akan berhasil mencapai target kita.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again