DScovery

Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Bagi Pemula

Simak empat langkah mudah bagi pemula yang bingung untuk memulai bisnis online.

Dengan peluang yang ada, bisnis online sudah pasti membuat banyak orang tertarik melakukannya. Memang bisnis online memiliki prospek yang bagus di masa depan, tetapi masih banyak yang belum tahu cara memulainya dari nol.

Kamu salah satu yang tertarik melakukan bisnis online? Jangan khawatir. Kami akan memberimu panduan lengkap untuk memulai bisnis online dari nol dengan 4 langkah mudah.

Dengan cara ini, kamu pasti bisa memulai bisnis online impianmu dengan lancar, entah itu online shop baju, jualan di Shopee, bisnis makanan, bisnis rumahan, dll. Cek informasi selengkapnya di bawah ini.

Kenali Skill atau Jenis Bisnis yang Disukai

Pertama dan yang paling utama, pastikan kamu mengenali kemampuanmu. Ini berlaku jika kamu ingin melakukan bisnis online dengan menawarkan jasa seperti freelance. Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang bagus, maka jadilah penulis lepas.

Hal ini juga berlaku ketika kamu tertarik untuk menjadi dropshipper atau affiliate marketing. Sebelum memutuskan menjalani bisnis tersebut, pastikan kamu dapat melakukan promosi produk, karena hal itulah yang menjadi kunci kesuksesan bisnis menjadi perantara produk.

Konteks lain, jika kamu ingin membuka online shop, pastikan juga kamu menjual produk yang memang disukai. Misalnya, kamu suka sekali dengan makanan, maka cobalah membuka online shop yang menjual produk berupa makanan.

Riset dan Analisis Pasar

Setelah mengenali kemampuan diri, langkah selanjutnya adalah analisis pasar. Identifikasi apa yang sebenarnya dibutuhkan konsumen saat ini. Kemudian tentukan kelompok konsumen yang seperti apa yang akan menjadi target konsumen/klien dari bisnismu.

Terakhir, pahami kelebihan dan kekurangan dari kompetitor bisnis, lalu manfaatkan celah yang ada menjadi peluang bisnismu. Coba kita terapkan teori tersebut ke dalam sebuah contoh. Misalnya, saat ini orang lebih menyukai template CV daripada membuatnya.

Dari situ, kamu bisa memanfaatkannya dengan menawarkan jasa freelance membuat CV atau menjual template CV. Kemudian, kamu berencana membidik fresh graduate sebagai target klienmu. Di sisi lain, sebelumnya sudah pasti banyak jasa pembuatan CV atau jualan template CV.

Lalu, kamu menganalisis kompetitor yang memiliki reputasi bagus dan menemukan celah bahwa harganya relatif mahal. Solusinya, tawarkan CV dengan kualitas yang sama dengan kompetitor namun dengan harga murah.

Pilih Pihak Ketiga yang Terpercaya

Sebuah bisnis tak akan bisa berdiri sendiri, melainkan butuh kerjasama dari berbagai pihak. Salah satu pihak penting untuk menunjang bisnis online adalah pihak ketiga seperti supplier, produsen, penadah barang/jasa seperti situs freelance atau marketplace.

Untuk memulai bisnis online, kamu harus bisa memetakan mana dari pihak ketiga yang paling terpercaya. Contohnya, pastikan kamu mendaftar di situs freelance yang ramai klien dan memiliki sekuritas transaksi yang baik.

Contoh lain, petakan produk yang akan kamu promosikan sebagai dropshipper atau affiliate marketing. Pilihlah bisnis yang memiliki reputasi produk baik, perusahaan yang sah, dan prospek produk terjual tinggi. Jangan sembarangan memasarkan produk tak jelas di pasar.

Formulasikan Model Bisnis

Tahap sebelumnya adalah tahap mengumpulkan bahan untuk diracik menjadi model bisnis online versimu sendiri. Di tahap ini, waktunya kamu berkreasi dan menentukan tiga hal: produk/jasa yang kamu tawarkan, bagaimana kamu menghasilkan uang, dan strategi promosi bisnis.

Misalnya, data yang ada menunjukkan bahwa masyarakat X suka jastip untuk membeli merchandise K-pop. Lalu kamu menemukan ide untuk membuka jastip ketika kamu mengunjungi Korea Selatan. Selanjutnya, tentukan berapa persen keuntungan yang kamu ambil dari bisnis jastip tersebut.

Pastikan pula untuk menentukan sistem pembayaran, apakah di awal atau di akhir. Terakhir, kamu harus mempromosikan bisnis ini agar sampai ke telinga masyarakat X. Tahap terakhir ini yang susah-susah gampang.

Jika masyarakat X merupakan pengguna digital, maka kamu bisa mempelajari digital marketing, misalnya promosi akun media sosial pribadi. Selain mempelajari strategi marketing, kamu juga perlu memperkuat personal branding, yang merupakan faktor penting bagi sebuah bisnis.

 

Selesai, sekarang kamu sebagai pemula sudah tahu cara mudah memulai bisnis online. Berarti setelah ini, kamu tinggal mempraktikkannya untuk bisnis online impianmu.

Menjalankan bisnis memang tidak mudah, tetapi akan menyenangkan jika kamu mau terus belajar dan tidak mudah menyerah. Selamat mencoba!

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter