6 February 2015

by Glenn Kaonang

Aplikasi Apple Watch Ini Siap Mengontrol Mobil Listrik Tesla Model S

Apa saja hal yang bisa kita perbuat dengan Apple Watch saat peluncurannya di bulan April nanti? Semuanya ada di tangan pihak pengembang aplikasi, dan salah satunya adalah mengontrol berbagai fungsi milik mobil listrik Tesla Model S.

Adalah perusahaan pengembang software, ELEKS, yang merealisasikan ide tersebut. Mereka berhasil meracik versi demo dari aplikasi untuk Apple Watch – meski statusnya bukan resmi besutan Tesla – yang bisa digunakan untuk mengontrol Tesla Model S dari jarak jauh.

Sebelum ada kesalahpahaman, jangan bayangkan aplikasi ini bisa digunakan untuk mengoperasikan Tesla Model S tanpa kita berada di balik lingkar kemudinya. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi pelengkap dari sistem digital yang telah dimiliki Tesla Model S.

Aplikasi pendamping untuk Tesla Model S sebenarnya sudah tersedia di smartphone, dan inilah yang dilakukan oleh ELEKS. Mereka mengadaptasikan fungsionalitas aplikasi tersebut sesuai dengan desain UI (user interface) milik Apple Watch.

 

Info menarik: Tesla Model S P85D Makin Kencang Berkat Sentuhan Mekanik Digital Alias Software Update

 

Dengan aplikasi ini, pemilik Tesla Model S dapat membuka atau menutup pintu mobilnya melalui Apple Watch. Fungsi-fungsi lainnya meliputi: mengecek sisa baterai mobil, menyala-matikan lampu depan, membunyikan klakson, mengatur suhu dalam kabin, mengecek lokasi mobil hingga menampilkan informasi mobil yang relevan pada fitur Glance milik Apple Watch.

Namun ada beberapa kekurangan dari aplikasi tersebut untuk saat ini. Yang pertama adalah, aplikasi tersebut tidak bisa berfungsi jika Apple Watch tidak tersambung dengan iPhone. Kedua, kontrol menggunakan digital crown milik Apple Watch masih terbatas pada scrolling saja untuk aplikasi pihak ketiga.

Pun demikian, ELEKS cukup yakin ke depannya mereka bisa menambahkan berbagai fitur baru ke aplikasi ini, tepatnya saat Apple Watch telah dijual secara resmi, dan mereka bisa bermain-main langsung dengan perangkat tersebut.

ELEKS juga berencana mengajak Tesla untuk bekerja sama secara langsung dalam mengembangkan aplikasi Apple Watch ini, seperti yang disampaikan Markiyan Matsekh, Product Manager for Mobility and Wearables ELEKS, kepada situs berita otomotif Autoblog.

Sumber: ELEKS via Autoblog.