1. Entrepreneur

Permudah Bisnis Anda, Ini 7 Rekomendasi Aplikasi Nota Digital untuk Pelaku Usaha

Permudah membuat dan mengirim invoice ke pelanggan, yuk kita simak aplikasi nota sebagai alat penunjang bisnis Anda!

Membuat invoice/faktur pembayaran dan penjualan adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis Anda. Semua urusan transaksi harus direkam agar tidak ada yang terlewatkan. Dengan bantuan aplikasi nota digital, Anda dapat membuat nota dengan praktis, cepat dan mudah. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi juga beragam.

Di era digital seperti saat ini, segala sesuatunya jauh lebih mudah, termasuk alat penunjang bisnis, yaitu nota. Ada banyak aplikasi yang dirancang untuk membantu  bisnis Anda melakukan tugasnya, seperti aplikasi nota ini. Nota online itu sendiri berfungsi seperti nota fisik yang ada di toko. Namun perbedaannya adalah Anda dapat melihat, merekam, dan mengirim semua transaksi penjualan hanya dalam satu perangkat. 

Aplikasi nota adalah perangkat lunak untuk membuat catatan penjualan, pembayaran, pembelian dan invoice. Selain itu, dapat dengan mudah untuk membuat dan mengirim invoice ke pelanggan dan klien. Cara membuat nota online terbilang mudah dan akan membuat faktur yang Anda buat terlihat lebih profesional. Anda dapat menentukan template faktur, mencetaknya sendiri, menambahkan diskon, dan mengirimkannya langsung ke pelanggan dengan tanda tangan atau stempel digital.  

Berikut rekomendasi aplikasi nota digital untuk menunjang bisnis Anda.

E-Nota (Canggih Software)

Aplikasi pertama yang akan kita bahas yaitu e-Nota dari Canggih Software. E-Nota menawarkan sejumlah fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat nota penjualan.

Anda dapat membuat daftar nota dan omzet, daftar nota piutang, daftar barang dan harga, mengetahui barang terjual paling banyak, perhitungan diskon biasa dan bertingkat, cetak nota menggunakan printer struk (kertas 56mm), cetak nota kertas A4, cetak nota dengan printer dot matrix, sharing nota ke WhatsApp, email, eksport ke Excel, serta laporan grafik penjualan dan laba. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store secara gratis.

Zoho Invoice - Billing App (Zoho Corporation)

Bagi para freelancer dan pemilik small bisnis, aplikasi ini mungkin cocok untuk Anda. Zoho Invoice  merupakan aplikasi pembuat faktur online untuk bisnis Anda. Fitur yang ditawarkan oleh Zoho Invoice antara lain, pembuatan faktur secara cepat, melakukan estimasi dan penawaran (diskon), pencatatan utang piutang, proses pembayaran yang sederhana, laporan kinerja bisnis. Anda dapat mengirim faktur ke pelanggan Anda dengan mudah. Anda dapat dengan mudah akses aplikasi ini melalui situs web, Google Play Store, dan App Store secara gratis.

Youtap (Youtap Indonesia)

Aplikasi Youtap merupakan asisten penjualan yang menawarkan berbagai solusi layanan digital untuk semua pelaku usaha. Adanya transaksi digital bagi mitra agar dapat lebih baik melayani konsumen.

Tersedia berbagai macam fitur yang disediakan oleh Youtap, yaitu fitur kasir, pembayaran tunai, analisa produk, cetak struk, pembayaran QRIS dan cashless, kalkulator digital, scan barcode, penyesuaian harga dan pajak. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store dan App Store, namun untuk menikmati fitur secara lengkap Anda harus berlangganan terlebih dahulu, seperti custom receipt, open bill, dan masih banyak lagi.

Paper.id: Invoice & Pembayaran

Paper.id adalah platform invoicing & pembayaran antar bisnis dan dapat digunakan pada semua jenis usaha, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar.

Fitur yang terdapat pada aplikasi Paper.id, yaitu melakukan tagih dan terima pembayaran tanpa perlu integrasi dengan payment gateway, tagih biaya ke pelanggan secara digital dengan invoice digital tanpa batas, kirim via WhatsApp, SMS, email, dan bubuhkan e-Meterai (khusus web), bayar ke supplier, pembuatan dokumen digital: pemesanan, invoice, kuitansi, surat jalan dengan beragam template. Anda dapat menggunakannya seluruh fiturnya dengan gratis melalui situs web ataupun unduh di Google Play Store.

Invoice Maker & Billing App (Invoice Home Inc)

Nota online menggunakan aplikasi Invoice Maker & Billing App dapat Anda gunakan secara gratis melalui situs web resminya atau unduh aplikasi melalui Google Play Store dan App Store, namun untuk menggunakan seluruh fiturnya Anda perlu berlangganan terlebih dahulu dengan biaya mulai dari 5 USD per bulan.

Fitur pada aplikasi ini, terdapat kuitansi, pesanan pembelian, penyimpanan otomatis dapat diunduh format PDF, ekspor ke Excel, kirim melalui email, pembayaran menggunakan kartu kredit dan PayPal secara online, terdapat lebih dari 100 desain template invoice yang dibuat oleh profesional, identifikasi invoice yang sudah dan belum dibayar, sinkronasi otomatis antara pembuat invoice dengan akun beranda aplikasi, dan masih banyak lagi.

Nota Penjualan (Mulos)

Aplikasi yang telah hadir dari tahun 2017, telah membantu banyak pelaku usaha sebagai alat penunjang untuk memudahkan usahanya. Penggunaannya yang sederhana memudahkan pengguna yang pemula dalam hal digital.

Fitur yang terdapat pada aplikasi Nota Penjualan, yaitu buat transaksi bisa dilakukan tanpa input stok dahulu, catat barang datang, catat hutang pelanggan, catat pengeluaran, laporan penjualan, stok barang di gudang, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store.

Nota Blonjo

Nota Blonjo merupakan aplikasi pencatat transaksi penjualan, print dan share struk/nota ke pembeli dengan mudah. Fitur yang disediakan terdiri dari, estimasi keuntungan, transaksi, edit transaksi, share file nota melalui gambar dan PDF via WhatsApp, email, SMS, print ke mini thermal print via bluetooth, pasang tanda tangan, input barang dengan barcode, impor/ekspor database, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengunduh secara gratis melalui Google PlayStore, namun jika Anda ingin menggunakannya secara lengkap, Anda harus berlangganan paket premium dengan harga Rp8.000 - Rp45.000 per item.

Nah, itulah beragam aplikasi nota bisnis yang dapat Anda pilih dan gunakan. Anda dapat menggunakannya secara gratis, namun ada pula aplikasi yang menawarkan paket berlangganan untuk dapat menikmati seluruh fiturnya. Apakah Anda tertarik mencobanya? 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again