1. DScovery

Apa itu Invoice: Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Keberadaan invoice sangat penting untuk mengetahui barang dan jasa yang dibeli

Invoice sendiri sering disebut dengan faktur. Ini adalah lembar yang berisi daftar barang yang dikirim dengan nama, jumlah, dan deskripsi harga. Faktur dibuat oleh penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.

Transaksi yang dicatat pada faktur berfungsi sebagai bukti transaksi kredit. Umumnya, faktur diterbitkan dalam rangkap tiga. Itu adalah:

  1. Ketika pembeli membayar faktur.
  2. Arsip departemen penjualan;
  3. Lembar untuk laporan akuntansi.

Keberadaan invoice sangat penting untuk mengetahui barang dan jasa yang dibeli. Faktur juga sangat penting di sektor keuangan karena memungkinkan keuntungan perusahaan dihitung dengan lebih baik.

Untuk referensi kamu, berikut adalah beberapa contoh faktur yang dapat  disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contoh Invoice Guna Keperluan Bisnis

Invoice  Jasa

Invoice jasa adalah faktur yang dikeluarkan untuk pembayaran sesuatu yang bersifat jasa. Sebagai contoh, faktur ini dibuat untuk jasa penerjemahan, desain, pelatihan, pengiriman dan bentuk jasa lainnya.

Hal-hal yang harus ada pada invoice jasa adalah sebagai berikut:

  1. Identitas penyedia jasa, seperti nama, alamat, nomor kontak dan logo perusahaan.
  2. Identitas pengguna jasa atau klien, yang berupa nama dan alamat atau institusi.
  3. Tanggal invoice dikeluarkan serta tenggat waktu pembayaran.
  4. Detail produk jasa yang diberikan, jumlah (jika ada), harga jasa serta total biaya jasa yang harus dibayar oleh pengguna jasa atau klien.
  5. Catatan tambahan yang dicantumkan di bagian bawah invoice (jika dibutuhkan).

Invoice Penagihan

Faktur atau faktur, seperti namanya, adalah selembar kop surat resmi yang diberikan kepada pelanggan untuk transaksi tertentu. Pembayaran yang terlambat biasanya mengakibatkan penagihan kepada pelanggan.

Penjual kemudian mengirimkan faktur dalam jangka waktu tertentu untuk mendorong pelanggan membayar. Surat ini terdiri dari tiga bagian: awalan, badan surat, dan akhiran. Selain itu, lembar faktur harus berisi logo perusahaan, tanggal, nomor surat, subjek dan alamat.

Invoice Barang

Pada dasarnya, cara membuat invoice barang sama dengan membuat invoice jasa. Namun yang membedakan adalah faktur ini dikeluarkan untuk pembayaran benda atau barang untuk jenis invoice ini.

Invoice Hotel

Ketika seorang tamu ingin check-in, hotel biasanya akan mengeluarkan faktur yang membuktikan bahwa pemesanan hotel telah dilakukan. Setelah menyelesaikan prosedur pembayaran, hotel akan mengeluarkan tanda terima untuk mengonfirmasi bahwa pembayaran telah selesai.

Invoice Travel & Tour

Invoice Travel & Tours adalah invoice yang dibuat oleh jasa travel untuk jasa perjalanan. Dalam invoice ini terdapat kode paket perjalanan yang dipilih, jumlah, serta keterangan harga.

Invoice Tagihan Alat

Invoice tagihan alat adalah lembar tagihan yang dibuat penjual untuk menagih pembeli suatu alat. Dalam invoice ini terdapat deskripsi, harga, jumlah serta keterangan yang diperlukan.

Invoice Penjualan

Invoice atau faktur penjualan sering juga disebut dengan sales invoice. Faktur ini adalah bukti transaksi berupa tagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Dokumen ini biasanya dikirimkan kepada pembeli bersamaan dengan pengiriman barang.

Invoice Melalui Email

Selain diberikan secara langsung dalam bentuk hard copy, saat ini invoice juga dapat dikirim berupa soft copy melalui email. Dalam invoice email, sama seperti invoice umumnya, terdapat informasi mengenai jumlah tagihan, jatuh tempo, dan cara pembayarannya. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengirimkan invoice melalui email.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again