10 March 2016

by Bambang Winarso

Nom, Aplikasi Siaran Langsung untuk Para Chef dan Pecinta Makanan

Pengguna dan audiens Nom dapat saling berinteraksi dan mengajukan pertanyaan

Cofounder YouTube, Steve Chen meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama Nom. Sebuah platform video live yang dibangun untuk memuaskan urusan perut, apalagi kalau bukan makanan. Dijuluki Twitch-nya para chef, Nom dirancang untuk menjadi platform baru bagi chef pemula ataupun profesional yang ingin menyiarkan diri mereka saat mengkreasikan resep barunya ke jutaan orang di dunia, atau pengguna yang sekadar ingin memamerkan menu sarapannya.

Chen dan rekannya mempunyai visi membantu para chef untuk mempunyai acaranya sendiri. Nom bisa ditempatkan di dapur restoran ternama, di sebuah pagelaran acara memasak atau di dapur pengguna sendiri dan mulai melakukan siaran.

Peluncuran Nom merupakan langkah strategis yang mengikuti arus tren, di berbagai layanan video ataupun media sosial, deretan video-video terpopuler didominasi oleh channel-channel terkait makanan. Sejumlah media besar bahkan menyediakan rubrik khusus yang membahas tetek-bengek seputar makanan. Kita juga kerap menjumpai sejumlah besar orang mempunyai kebiasaan bahkan kecanduan membagikan foto makanan di jejaring sosial Instagram, Twitter ataupun Facebook.

Sementara momentum peluncuran Nom bertepatan dengan gegap gempita penggunaan layanan live broadcasting seperti yang ditawarkan oleh Periscope dan Facebook Live yang sedang jadi tren.

“Nom adalah tempat untuk pecinta makanan,” kata Chen dalam sebuah rilis pers. Aplikasi ini cocok untuk orang-orang yang gemar membidik makanan untuk kemudian dibagikan ke jejaring sosial. Atau pengguna yang berprofesi sebagai foodblogger, Nom bisa jadi alat paling tepat dengan daya jangku yang lebih luas.

Nom menawarkan fitur siaran langsung dari perangkat mobile dan juga desktop. Di dalamnya pemilik siaran dan audiens dapat saling berinteraksi dan melayangkan pertanyaan seputar makanan yang disiarkan. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati dukungan untuk kedua kamera untuk siaran video secara live. Nom saat ini dapat diakses melalui browser di web resminya dan App Store untuk perangkat berbasis iOS.Nah, jika Periscope Anda anggap kurang memuaskan, Nom bisa dijadikan alternatif lain untuk dijajal.

Sumber berita Venturebeat.