Categories

Mobile

Aplikasi Terbaru Microsoft, Fetch!, Dapat Mengenali Jenis Anjing dari Fotonya

Ditenagai oleh teknologi machine learning dan artificial intelligence garapan tim Project Oxford

Glenn Kaonang - 12 February 2016

Setelah situs How-Old.net, Emotion API dan aplikasi Mimicker Alarm, tim Project Oxford dan Microsoft Garage kembali memamerkan teknologi machine learning lewat aplikasi baru bernama Fetch! Namun bukannya wajah Anda yang hendak dianalisa sekarang, melainkan wajah anjing kesayangan Anda.

Fetch! merupakan aplikasi yang sangat simpel. Tugasnya cuma satu, yakni mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis anjing hanya dengan melihat fotonya. Entah itu anjing Anda sendiri atau anjing tetangga, Fetch! akan menganalisa fotonya, lalu menampilkan jenis sekaligus karakteristiknya, mulai dari sifat, tipe bulu, sampai tipe keluarga seperti apa yang cocok menjadi sahabatnya.

Fetch! didukung oleh database yang cukup luas yang dikumpulkan dari para ahli, meski kemungkinan besar belum bisa mencakup seluruh jenis anjing yang ada di dunia. Semisal anjing Anda merupakan jenis campuran, aplikasi akan menampilkan lima jenis berbeda yang mungkin terdapat dalam gen anjing tersebut.

Aplikasi ini juga cukup pintar dalam membedakan antara seekor anjing atau benda mati. Tapi kalau Anda iseng memotret foto seseorang lalu memintanya menganalisa, Fetch! juga akan ikut iseng dengan menampilkan jenis anjing apa yang paling cocok dengan karakteristik orang tersebut beserta alasannya.

Yup, aplikasi ini juga bisa dijadikan bahan guyonan saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Anda bisa saling memotret wajah, lalu meminta Fetch! menganalisanya. Hasil yang ditampilkan pasti terkesan konyol karena alasan-alasannya turut dicantumkan.

Saat ini Fetch! sudah bisa diunduh oleh pengguna iPhone lewat App Store. Buat pengguna perangkat lain, Microsoft telah menyediakan situs What-Dog.net dengan fungsi yang hampir sama, dimana Anda bisa mengunggah foto anjing Anda untuk menguji seakurat apa teknologi rancangan Microsoft ini.

Sumber: Microsoft via The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter