4 July 2014

by Bambang Winarso

Aplikasi Untuk Android Wear Dapatkan Halaman Kategori Khusus di Google Play

Android Wear adalah salah satu sistem operasi untuk perangkat wearable dari Google, salah satunya dirancang khusus untuk perangkat jam tangan pintar atau lebih dikenal dengan sebutan smartwatch.

Tak berselang lama setelah diperkenalkan, Google juga meluncurkan versi SDK khusus pengembang di gelaran I/O bulan lalu yang kemudian membuahkan hasil munculnya kategori khusus Android Wear di toko aplikasi Google Play. Ketersediaan versi SDK Android Wear memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan aplikasi dan perangkat yang mereka miliki ke platform Android Wear.

Kategori khusus Android Wear memang sudah sepatasnya dihadirkan mengingat pengembang membutuhkan wadah khusus guna menawarkan aplikasi mereka, di sisi lain dengan adanya kategori ini juga memudahkan pengguna smartwatch berbasis Android Wear untuk mengunduh aplikasi.

 

Info Menarik: Dengan Project Volta, Android L Bisa Hemat Baterai Hingga 36% dari Android Kitkat

 

Jika Sobat penasaran dengan aplikasi apa saja yang masuk kategori khusus Android Wear di Google Play - silahkan klik tautan ini - maka Sobat akan menemukan di sana sudah tersedia tak kurang dari 25 aplikasi yang sepenuhnya mendukung Android Wear. Yang terbaru adalah DuoLingo dan Path Talk.

Saat ini Android Wear sudah diadopsi oleh sejumlah perangkat seperti Moto 360, LG G Watch dan Samsung Gear Live, dua perangkat terakhir diumumkan di gelaran I/O akhir bulan lalu dan bahkan sudah masuk fase pre-order, diperkirakan dalam beberapa hari ke depan mulai dikirim ke pemesan.

Android Wear memiliki sejumlah kelebihan, yang paling menonjol berupa kemampuan mengakomodasi kebutuhan personal pengguna misalnya update berita, pesan singkat, gaya hidup, aplikasi foto dan lain sebagainya. Bedanya dengan platform lain, Android Wear menyajikan informasi saat itu juga.

Fitur asisten pribadi dapat diaktifkan dengan menggunakan kata kunci 'OK Google'. Seperti aplikasi personal asistant lainnya, fitur ini mampu memberikan respon perintah suara misalnya mengirim pesan, memesan restoran, mengatur alarm atau mendapatkan informasi hasil pertandingan olahraga terkini.

Kemudian tertanam pula sistem pendukung kesehatan dan pencatat fitness yang memberikan informasi secara cepat dan real time, misalnya jarak yang sudah Anda tempuh baik berjalan kaki, berlari atau bersepeda.

Sumber berita ThenNextWeb.