Categories

Otomotif

Apple CarPlay ke Depannya Bisa Diakses Secara Wireless

Glenn Kaonang - 10 June 2015

Di tengah persaingan ketatnya melawan Android Auto, Apple CarPlay tampaknya siap ‘menyerang’ lebih agresif lewat sebuah fitur yang amat ditunggu-tunggu, yaitu kemampuan beroperasi secara nirkabel. Lewat panggung WWDC 2015, Apple mengumumkan bahwa bersama iOS 9 nantinya, CarPlay tidak lagi membutuhkan kabel guna menghubungkan iPhone ke dashboard mobil.

Sebelum ini, pengguna harus menyambungkan iPhone masing-masing ke port USB milik head unit mobil jika hendak mengakses CarPlay. Ke depannya, aplikasi-aplikasi yang tersimpan di iPhone bisa langsung digunakan lewat head unit mobil yang kompatibel secara wireless.

Bersamaan dengan itu, Apple juga membuka peluang bagi pabrikan otomotif untuk menyematkan aplikasi buatannya masing-masing ke dalam CarPlay. Dengan demikian, pemilik mobil tak lagi perlu keluar dari CarPlay untuk mengakses aplikasi pendamping mobil pintarnya.

Info menarik: Apple Maps Akhirnya Dilengkapi dengan Fitur Petunjuk Transit

Apple juga menyebutkan bahwa CarPlay nantinya bisa diimplementasikan pada head unit mobil yang mengemas beragam ukuran layar dengan aspect ratio yang berbeda-beda, termasuk halnya layar beresolusi tinggi. Langkah ini menurut saya diambil guna meningkatkan ketertarikan pabrikan otomotif dalam mengadopsi platformconnected car buatan Apple tersebut.

Satu hal yang perlu dicatat, pembaruan pada CarPlay ini juga membutuhkan hardware baru. Hal ini berarti pemilik mobil yang kini sudah kompatibel dengan CarPlay perlu mengganti head unit-nya.

Maka dari itu, pemilik mobil di Indonesia tampaknya masih bisa menutup kekecewaannya terhadap CarPlay yang sampai sekarang belum tersedia di tanah air. Semoga saat CarPlay sudah tersedia nanti, hardware barunya juga telah hadir sehingga kita bisa langsung menikmati CarPlay secara nirkabel.

Sumber: TechCrunch. Gambar header: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter