1. Lifestyle

Apple Hadirkan Program Daur Ulang

Dibantu robot canggih bernama Liam untuk membongkar iPhone

Ada satu hal yang menarik pada gelaran acara Apple semalam (waktu Indonesia). Tak hanya menciptakan produk dengan desain yang cantik ataupun menawan namun ternyata Apple juga ingin memberikan perhatian terhadap lingkungan sekitar.

Hal ini nampak dari program bernama Recycling yang dihadirkan Apple untuk mengurangi limbah dari produk yang dihasilkannya. Program Recycling bisa Anda lihat di situs Apple.

Untuk mendukung program daur ulang ini, Apple telah menciptakan sebuah robot yang dinamai Liam. Liam bertugas untuk membongkar perangkat yang akan didaur ulang serta memilah komponen yang bisa digunakan kembali. Beberapa komponen yang dapat didaur ulang menurut Apple adalah:

  • Cobalt dan Lithium dari baterai iPhone
  • Emas dan tembaga dari kamera dan
  • perak serta platinum dari logic board utama

Penasaran seperti apa cara kerja Liam membongkar perangkat Apple yang akan didaur ulang? Simak videonya di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=AYshVbcEmUc&feature=youtu.be

Liam diklaim dapat membongkar lebih dari 1.2 juta iPhone setiap tahunnya.

Disampaikan oleh Lisa Jackson saat acara tadi malan, Apple kini sudah menggunakan 100% energi terbarukan di Amerika dan daratan Tiongkok. Itu artinya setiap operasional Apple, seperti perkantoran, pusat data hingga toko retail sudah menggunakan energi terbarukan. Apple juga mencetak pencapaian penggunaan energi terbarukan sebesar 93% di 23 negara lainnya termasuk Singapura.

Lebih lagi Lisa menyampaikan bahwa Apple juga mulai bergerak menggunakan packaging produknya ke bahan dasar kertas. Apple sudah mulai bekerja sama dengan The Conversation Fund untuk menyediakan lahan hutan tebang pilih seluas 14.5 hektar untuk kebutuhan packaging produknya.

Anda juga bisa membantu Apple dalam melaksanakan program Recycling mereka. Jika Anda memiliki perangkat iOS yang sudah tidak dipakai, Anda bisa mengirimkannya ke Apple untuk didaur ulang, dan sebagai gantinya Apple akan memberikan gift cards.

Komitmen Apple terkait lingkungan memang cukup mendapat porsi yang besar. Selain perangkat bergerak, Apple bahkan akan membantu Anda mendaur ulang perangkat PC yang Anda miliki lewat program Recycling.

Sayangnya program Recycling ini baru berlaku untuk beberapa negara bagian di Amerika. Dalam beberapa tahun ke depan harapannya Apple akan mulai menjalankan program ini di seluruh negara, dan semoga saja tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan di sekitar kita.

Sumber: MacStories | Apple

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again