Apple Resmi Umumkan Kehadiran OS X 10.10 'Yosemite', Lebih Segar Lebih Powerful

Apple akhirnya membuka tuntas semua kejutan besar yang sudah mereka persiapkan untuk acara WWDC (Worldwide Developers Conference) tahun ini , salah satu sajian utama pada acara tahunan kali ini adalah sistem operasi OS X 10.10 yang terbaru. Kali ini Apple memberikan nama Yosemite utuk sistem operasi mereka.

Ada banyak kejutan lain yang dihadirkan oleh Apple pada event istimewa mereka tersebut, tapi fokus utama acara kemarin salah satunya adalah rilisnya OS X 10.0 Yosemite, bintang utama yang hampir pasti menyedot perhatian jutaan mata dari seluruh dunia.

Secara umum konsep yang diusung OS 10.10 Yosemite menghadirkan tatap muka yang selaras dengan tatap muka iOS yang adalah sistem operasi untuk perangkat bergerak Apple. Ada banyak perombakan dari sisi tampilan, performa maupun fitur baru yang disediakan Apple.

 

Info Menarik: Nokia XL Akan Hadir di Ajang ICS, Dijual Rp 2.199.000

 

Dari sisi tampilan OS 10.10 Yosemite masih mengusung konsep iOS yang elemennya juga telah hadir di OS X sebelumnya, Mavericks. Tampilan Yosemite yang banyak mengedepankan panel transparan dan desain datar namun dengan gradien yang lebih halus sehingga tampak lebih modern dan segar di banding OS X sebelumnya.

Kemudian rancangan datar juga diterapkan di ikon-ikon aplikasi, lalu jendela aplikasi mendapat sentuhan khas iOS, komponen huruf juga mendapatkan perombakan serius dengan tambahan sistem terbaru yang memudahkan pengguna untuk membaca teks. Apple juga mengadirkan 'dark mode' yang memungkinkan pengguna mengubah gradasi tampilan.

Di sisi fitur, OS 10.10 Yosemite juga tak kalah menggoda. Misalnya ketersediaan fitur Notification Center dengan tampilan 'Today' yang lebih modern dan halus. Fitur ini makin memanjakan pengguna yang kerap harus diingatkan atau membutuhkan pemberitahuan berupa update terbaru dari aplikasi yang digunakan mislanya informasi cuaca, pasar saham, catatan dan event.

 

Info Menairk: Siap-Siap Pre-order Moto G di Lazada

 

Integrasi antara Mac dan iPhone makin dipermudah dengan dukungan penuh OS 10.10 terhadap perangkat iOS 8 (yang adalah iOS terbaru yang dirilis di acara ini juga) di iPhone. Di mana kini pengguna Mac dapat mengirim dan menerima pesan dari iMessage dan SMS. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menambahkan kontak atau membuat percakapan secara grup, pesan yang diterima di iPhone juga akan bisa dilihat di Mac.

Ada banyak kemudahan lain yang dihadirkan oleh Apple di OS 10.10 sebagai pasangan bagi iPhone dengan iOS 8, dengan terkoneksi lewat fitur Instant Hotspot misalnya melakukan panggilan via Mac atau menerima dan melakukan panggilan telepon. Kemudian ada pula fitur Handoff, fitur lain adalah iCloud Drive guna kemudahan akses data iCloud melalui Mac. Apple juga merilis fitur AirDrop yang kini mendukung lintas perangkat antara iOS dan Mac dan juga MailDrop yang memungkinkan pengguna mengirim pesan sampai dengan 5GB lewat iCloud.

Dalam rilis persnya Apple mengatakan bahwa OS X 10.10 Yosemite dapat diakses oleh para pengembang mulai hari ini, kemudian versi beta baru akan tersedia antara Juni hingga September. Sementara versi final diperkirakan akan tersedia pada September atau di penghujung tahun 2014. Berita gembiranya, pengguna OS X yang perangkatnya memenuhi syarat boleh melakukan upgrade ke OS X 10.0 Yosemite secara gratis.

Selain memberikan kejutan berupa OS X 10.10 Yosemite, di ajang yang sama Apple juga merilis sistem operasi terbaru untuk platform mobile yakni iOS 8. Seperti apa fitur-fitur barunya? Tetap pantau TRL, karena akan ada beberapa sajian utama kami dari ajang WWDC 2014 yang sayang sekali jika dilewatkan.

Sumber berita TheVerge dan Apple.