1. Startup

Astra Kembali Adakan Kompetisi Inovasi Digital Astranauts untuk Founder dan Mahasiswa

Masuki tahun kedua, incar inovasi di bidang edutech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fintech, logistic, serta media & entertainment

Astra kembali menggelar kompetisi inovasi digital "Astranauts" yang kini memasuki tahun kedua. Pada pelaksanaannya di tahun ini, tema yang diangkat adalah "Building A Sustainable Future Through Technology".

Dalam paparannya saat gelaran Buka Puasa Bersama Astra pada kemarin (30/3), Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto menyampaikan alasan pihaknya mengangkat tema sustainability, yakni karena dibutuhkannya inovasi digital yang bisa menjawab tantangan bisnis dan teknologi yang dapat berkontribusi pada isu tersebut. Terlebih itu, tema ini sejalan dengan cita-cita Astra dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Meski angkat tema sustainability, Astranauts kali ini tidak hanya mengincar inovasi digital seputar itu saja, tapi juga ada mengenai edutech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fintech, logistic, serta media & entertainment.

Menurut Paul, media & entertainment masuk ke dalam fokus karena diyakini ke depannya cara orang mengonsumsi media bakal terus berubah. Makanya dibutuhkan gebrakan yang segar untuk menjawab tantangan tersebut.

Ia pun berharap pada tahun ini dapat menarik lebih banyak pendaftar dari penyelenggaraan pertama pada 2022 lalu. "Di tahun 2022 kita mengundang 1.000 tim yang mendaftar dan hampir 500 ide. Kita ingin di tahun ini lebih banyak lagi peserta yang mendaftar," ucapnya.

Sebagai catatan, Astranauts adalah ajang pengembangan inovasi di bidang digital dan teknologi untuk startup dan mahasiswa di Indonesia. Target pesertanya adalah seluruh startup dan mahasiswa aktif dengan jenjang diploma, sarjana, atau magister di tanah air.

Terdapat perbedaan persyaratan di antara kedua kategori ini. Peserta dari kategori startup harus sudah memiliki Minimum Viable Product (MVP), product traction, dan diperbolehkan pernah menerima pendanaan eksternal dari investor, namun tidak melebih $10 juta (hampir Rp150 miliar).

Sedangkan, peserta dari mahasiswa dari D3, S1, dan S2, diperbolehkan bekerja secara individu ataupun grup, dan dapat mengajukan ide yang belum diimplementasikan dan belum dikomersialkan.

Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak 8 Maret hingga 30 April 2023 melalui situs https://astranauts.astradigital.id.

Rangkaian seleksi, di mulai dari sesi preliminary round, yang akan menyaring seluruh pendaftar dan memilih sepuluh finalis dari kategori startup dan mahasiswa. Selanjutnya, seluruh finalis akan mendapatkan sesi mentorship dari para ahli di bidangnya.

Para finalis terpilih akan mempresentasikan startup atau ide bisnis mereka dalam sesi Demo Day, dan diakhiri dengan Awarding Astranauts 2023 pada 7 Juni 2023. Kemudian, terdapat gelaran diskusi lainnya di Astranauts Conference pada 8 Juni 2023, dengan berbagai topik menarik dan pembicara ahli di bidangnya.

Para pemenang Astranauts 2023 baik dari kategori startup dan mahasiswa akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total ratusan juta rupiah. Selain itu, para pemenang berkesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra (Astra Startup Community).

More Coverage:

Sejumlah korporasi besar dan startup, bahkan kementerian akan terlibat sebagai mentor, juri dalam Demo Day, dan pembicara dalam Astranauts Conference. Mereka di antaranya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Biofarma, Blue Bird Group, GDP Labs, Google Cloud Indonesia, Meta Indonesia, Microsoft Indonesia, Halodoc, Mapan, Dagangan, eFishery, Rekosistem, dan lainnya.

-

Disclosure: DailySocial.id merupakan media partner dari Astranauts 2023

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again