Categories

Gadget

Asus ROG Zephyrus M Dibekali Prosesor 6-Core dan Performa GPU yang Tak Dibatasi

Desainnya juga lebih konvensional dibanding pendahulunya

Glenn Kaonang - 4 April 2018

Intel baru saja memperkenalkan prosesor laptop terbarunya yang berbasis Coffee Lake. Selain Samsung Notebook Odyssey Z, salah satu laptop pertama yang menggunakan prosesor baru itu adalah Asus ROG Zephyrus M. Ya, ini merupakan penerus ROG Zephyrus yang sempat DailySocial bedah tahun lalu.

Pembaruan yang dibawa sudah langsung kelihatan dari luar. Zephyrus M sedikit lebih tebal ketimbang pendahulunya (19,9 mm dibanding 17,9 mm), dengan bobot 2,5 kilogram. Bodi yang lebih tebal ini memungkinkan Asus untuk menambatkan sistem pendingin yang lebih efektif, yang diklaim mampu meningkatkan sirkulasi udara di dalam perangkat hingga 32%, hingga akhirnya suhu komponen bisa ditekan 20% lebih rendah.

Saat dibuka, perubahan desainnya semakin kelihatan. Penempatan keyboard-nya tak lagi seperti dulu, kini lebih konvensional (di dekat layar, bukan di bawah), dan trackpad-nya pun diposisikan di bawah keyboard persis, bukan lagi di sebelah kanannya. Kemungkinan, Asus menerima feedback dari konsumen bahwa mayoritas lebih suka dengan desain yang konvensional.

Layarnya pun turut mendapat upgrade, meski ukuran dan resolusinya masih sama, yakni 15,6 inci 1080p. Panel IPS yang digunakan kini memiliki refresh rate maksimum 144 Hz, dengan response time 3 milidetik dan tentu saja dukungan G-Sync.

Untuk spesifikasi, Asus memercayakan prosesor Intel Core i7-8750H yang memiliki total 6-core dan 12-thread, dengan clock maksimum 3,9 GHz. Menemani prosesor itu adalah kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070 dengan memory GDDR5 sebesar 8 GB. Asus tidak lupa bilang bahwa performa GPU Zephyrus M tak lagi dibatasi seperti pendahulunya yang mengadopsi konsep Max-Q.

Juga menarik adalah fitur power saving yang Asus terapkan. Saat aktif, laptop hanya akan menggunakan GPU terintegrasinya saja, yang pada akhirnya diyakini bisa menambah daya baterai sampai sekitar enam jam. Ini juga berarti GPU Nvidia-nya bisa digunakan hanya saat dibutuhkan saja.

Melengkapi spesifikasinya adalah RAM DDR4 berkapasitas 16 GB, SSD tipe NVMe berkapasitas 256 GB dan HDD 1 TB. Konektivitasnya pun tergolong lengkap: total ada empat port USB standar, satu port USB-C sekaligus Thunderbolt 3, dan satu port HDMI 2.0.

Asus saat ini sudah menerima pre-order Zephyrus M di Amerika Serikat, dengan banderol harga $2.199. Kalau terlalu mahal, ada juga varian yang menggunakan GPU GTX 1060 6 GB seharga $1.899.

Sumber: Business Wire dan Asus.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter