1. Startup

AWS Academy dan ITSB Hadirkan Pelatihan Cloud Computing di BSD City

Dimulai dengan pembelajaran online yang akan dimulai pada kuartal ke-4 tahun 2020

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) telah mengumumkan keikutsertaannya dalam AWS Academy, sebuah program pembelajaran tentang cloud computing yang diusung oleh Amzon Web Services (AWS) pada Selasa (25/8) lalu. Memiliki visi sebagai Eco-Industry Oriented University, ITSB memiliki tujuan utama untuk menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat industri di era globalisasi digital, salah satunya melalui pelatihan cloud computingini.

Pelatihan seperti ini juga dianggap dapat membantu Indonesia untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Revolusi ini tidak hanya melahirkan inovasi teknologi baru di berbagai bidang, tetapi juga turut mendorong banyak perusahaan untuk melakukan transformasi digital untuk dapat bertahan dan terus berkembang. Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemkominfo) sendiri memprediksi Indonesia akan membutuhkan 9 juta talenta digital pada 2030. Hal tersebut pula yang membuat ITSB mengambil kesempatan kolaborasi dengan AWS Academy untuk menjawab kebutuhan industri terhadap teknologi cloudcomputing.

Gunakan Sistem Pembelajaran Online dan Offline

Pelatihan cloud computing ini sendiri rencana akan dimulai pada kuartal ke-4 tahun 2020 dengan menggunakan sistem pembelajaran online. Sementara itu pembelajaran tatap muka secara offline rencananya baru akan dimulai pada awal tahun 2021 mendatang di salah satu kampus ITSB yang berlokasi di Digital Hub BSD City. Selain ITSB dan AWS, pembelajaran ini juga turut dikelola oleh Enigma Camp, perusahaan yang bergerak dalam bidang IT bootcamp dan pengelolaan talent IT, dengan pengalaman dalam penyediaan program Talent as a Service, Training as a Service dan Job Connector Service.

“Industri saat ini membutuhkan sangat banyak pekerja IT dengan keahlian cloud, oleh sebab itu dengan bangga kami bersama ITSB membantu para mahasiswa ITSB, mahasiswa universitas lainnya dan masyarakat umum dalam pembelajaran di bidang ini. Dengan AWS Academy, siswa akan dilengkapi dengan keahlian praktek yang diperlukan saat memulai karir di bidang cloud computing,” ujar Scott McKinley, AWS Academy Global Team Lead.

Kurikulum AWS Academy dikembangkan dan dikelola secara spesifik oleh para ahli dari AWS agar selalu sesuai dengan kebutuhan terbaru yang hadir di tengah masyarakat. Pembelajaran nantinya akan diberikan oleh pengajar dari ITSB yang telah diakreditasi oleh AWS sehingga dapat membantu siswa agar mampu dalam mengoperasikan teknologi dari AWS. Melalui pelatihan cloud computing ini, peserta pelatihan dapa mengikuti kelas dan mendapatkan sertifikasi dari ITSB dan AWS Academy untuk menyiapkan mereka dalam industri cloud computing yang saat ini tumbuh pesat.

“Dengan menggunakan kurikulum yang dikembangkan oleh AWS Academy, kami akan menambahkan materi cloud computing dalam kurikulum pendidikan mahasiswa ITSB dan peserta lainnya untuk menyiapkan mereka agar menjadi tenaga kerja berkompetensi cloud. Materi Pembelajaran dari AWS Academy meliputi AWS Academy Cloud Foundations, AWS Academy Cloud Architecting, AWS Academy Cloud Developing, and AWS Academy Machine Learning Foundations. Masing-masing paket dipelajari dalam rentang waktu 20-40 jam. Seluruh kelas, praktik, dan proyek kerja langsung ditangani para pengajar yang memiliki sertifikasi dari AWS Academy” tambah Rektor ITSB, Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek, MSc.

Berikan Nilai Tambah pada Pengembangan Integrated Smart City di BSD City

Kehadiran AWS Academy di BSD City ini juga dianggap akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pengembangan integrated smart city yang diusung oleh Sinar Mas Land di BSD City. “Kami menyadari pengembangan Amazon yang dilakukan di Asia Tenggara sejalan dengan kebutuhan negara kita, mulai dari ketersediaan tenaga kerja hingga kebutuhan terhadap teknologi yang lebih canggih. Oleh sebab itu, Sinar Mas Land memberikan segala fasilitas untuk pengembangan tersebut di BSD City yang kini bertransformasi menjadi the first integrated smart digital city. Keberadaan Amazon Melalui AWS Academy tentu akan memperkaya ekosistem digital kami sekaligus memberikan nilai tambah kepada para peserta AWS Academy. Digital Hub, BSD City, akan mendukung AWS Academy dengan berbagai fasilitas dan kelengkapan infrastruktur yang dibutuhkan,” Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land.

Saat ini Sinar Mas Land memang telah memulai transformasi kota mandiri terbesarnya, BSD City, menjadi smart city pertama yang terintegrasi. Sinar Mas Land juga mengembangkan Digital Hub di area BSD City. Digital Hub merupakan area seluas 26 hektar yang didedikasikan untuk perusahaan rintisan, komunitas, lembaga pendidikan dan perusahaan multinasional yang berfokus pada industri digital dan teknologi. Seiring dengan perkembangannya, Digital Hub menjadi rumah bagi pusat pengembangan inovasi bagi beberapa perusahaan global hingga kini dapat menyambut AWS Academy.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Sinar Mas Land

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again