Categories

Gadget

Bantal Pintar Zeeq Bantu Hilangkan Dengkuran dan Bisa Streaming Musik

Zeeq merekam segala gerakan (dan aktivitas) saat Anda terlelap, lalu membangunkan Anda di momen yang ideal sehingga Anda tidak merasa pusing.

Yoga Wisesa - 11 August 2016

Rata-rata manusia menghabiskan sekitar satu per tiga hidupnya untuk beristirahat, dan pastinya berkali-kali Anda sudah mendengar pentingnya tidur bagi kesehatan tubuh. Menakar dari rasio tersebut, kita harus mulai memerhatikan kualitasnya. Problemnya, banyak faktor menghalangi kita memperoleh waktu tidur bermutu, dari mulai karena gaya hidup sampai kondisi tempat tinggal yang berisik.

Sejumlah developer telah lama menggarap perangkat bantal pintar, namun kreasi dari inventor Warrick Bell dan Miguel Marrero dari REM-Fit ini sangat unik karena device memadukan fungsi kesehatan dengan hiburan. Mereka memperkenalkan Zeeq, sebuah bantal cangggih yang mampu menganalisis mutu tidur, membantu hilangkan dengkuran, serta melantunkan musik secara wireless.

Mengusung prinsip ala activitytracker, Zeeq merekam segala gerakan (dan aktivitas) saat Anda terlelap, lalu membangunkan Anda di momen yang ideal sehingga Anda tak merasa pusing. Perangkat juga memiliki microphone untuk mendeteksi dengkuran. Ketika suara mencapai level desibel tertentu, Zeeq akan bergetar, mendorong pengguna untuk berganti posisi. Kekuatan vibrasi bisa disesuaikan, dan ia tidak dimaksudkan buat membangunkan user dari tidur nyenyak.

Mendengkur adalah salah satu masalah utama yang merusak mutu tidur, indikasi gejala sleep apnea. Ia mengacaukan pola istirahat dan mengganggu partner tidur Anda, apalagi tingkat kekerasan suaranya berkisar antara 50 sampai 80 desibel. Karena dengkuran tersebut, rata-rata para pasangan hanya bisa terlelap tiga sampai lima jam dalam semalam. Umumnya, mendengkur dialami oleh orang dewasa berumur 30 tahun ke atas, dan semakin tua usianya, jumlahnya jadi kian banyak.

Beberapa orang dapat cepat terlelap dengan mendengarkan musik, dan developer mengetahui hal tersebut. Itulah alasannya mereka menyematkan fitur streaming REM-Fit Audio yang mendukung iOS Music, Android Music serta Spotify. Kemampuan ini terbilang istimewa karena perangkat bisa menciptakan soundscape: tidak memerlukan headset tapi juga tak mengganggu pasangan Anda.

Seluruh informasi mengenai kualitas tidur dan setting Zeeq disuguhkan melalui aplikasi mobile. Dan meskipun developer menyematkan pernak-pernik canggih serta koneksi wireless di bantal, mereka tidak melupakan aspek kenyamanan. Tim REM-Fit memanfaatkan material memory foam lembut di dalam, dilindungi oleh sarung bantal Tencell.

Tentu saja segala kecanggihan tersebut menuntut harga yang tidak murah. Zeeq dapat Anda pesan lewat situs crowdfunding  Kickstarter seharga mulai dari US$ 180. Proses distribusi pada backer rencananya akan dilakukan di bulan Desember 2016.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter