Categories

Gadget

'Bantal Pintar' Darma Akan Membuat Tubuh dan Pikiran Anda Tetap Fit

Yoga Wisesa - 1 October 2014

Tidak selamanya yang kita pikir nyaman di tubuh itu baik untuk kesehatan. Tahukah Anda, rata-rata dari kita menghabiskan 9,3 jam sehari dalam posisi duduk, dan ada 13 area di tubuh mendapatkan dampak negatif dari kebanyakan duduk? Demi mengatasi ancaman kesehatan yang tak kita sangka itu, ditawarkanlah sebuah perangkat inovatif karya tim asal Palo Alto.

Melalui situs crowdfunding Kickstarter, mereka mengenalkan Darma, sebuah bantal pintar sekaligus 'inactivity tracker' pertama di dunia untuk memantau kebiasaan duduk Anda, membuat penggunanya hidup lebih sehat. Sebuah peribahasa Latin klasik mengatakan, "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Berpegang pada prinsip itu, Darma juga ditujukan sebagai penunjang kesehatan mental Anda.

Darma memanfaatkan teknologi sensor serta algoritma terbaru untuk mengolah data dan memandu pengguna agar memperbaiki postur duduk mereka, termasuk memberi tahu bagaimana posisi duduk yang seimbang dan metode mengurangi tekanan pada area tertentu di tubuh.

 

Info menarik: Rambah Ranah Wearable Device, Xiaomi Rilis Gelang Kesehatan Bernama Mi Band

 

Tak hanya menyajikan kita data, Darma mampu mempelajari kebiasaan duduk Anda dengan teknologi actionable coaching, mengingatkan kita agar berdiri sesekali, dan mengajarkan bagaimana cara duduk yang sempurna, serta merenggangkan otot. Ia menghitung waktu duduk, lalu via sambungan wireless, Darma mengirimkan notifikasi ke smartphone sebagai pengingat - menganjurkan Anda berdiri atau stretching.

Para penciptanya mengerti bahwa kebiasaan duduk tiap orang berbeda-beda. Itulah alasannya mengapa Darma dibekali fitur 'belajar'. Walau diletakkan sebagai bantalan duduk, ia bisa mengindentifikasi rasa tidak nyaman di area leher, punggung dan pinggul, kemudian menyarankan gerakan perenggangan yang pas. Darma dibekali sensor akurat, mampu mendeteksi detak dan gelombang jantung, serta tingkat dan pola pernafasan.

Dari formulasi data lengkap tersebut, Darma membuat sebuah standar, kemudian dapat mengetahui jika Anda sedang merasa stres. Selain stretching, Darma akan membimbing pengguna melakukan latihan nafas, membantu mengurangi stres serta mengembalikan fokus ke pikiran.

 

Info menarik: Visiobike, ‘Sepeda Elektrik’ Canggih Yang Dapat Terhubung ke Device Pintar Anda

 

Darma dibuat khusus dari bahan memory foam premium, berdimensi 40x40x3 sentimeter. Sebuah lapisan sensor canggih berketebalan 1 milimeter di dalam berfungsi sebagai otak utama perangkat ini. Ia dilengkapi konektivitas mini port USB, Bluetooth low energy, update software wireless via cloud, mempunyai memori build-in 128 megabit serta mendukung perangkat iOS dan Android. Baterai Li-ion miliknya bisa bertahan selama satu bulan untuk sekali isi ulang.

Bagi kita yang menghabiskan berjam-jam duduk di depan komputer seharian, Darma menawarkan solusi mudah dalam menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan tulang punggung dan otot adalah modal masa depan yang sering terabaikan di masa produktif kita.

Di websiteKickstarter, Darma ditawarkan seharga mulai dari US$ 129 (versi US$ 99-sudah habis). Prototype early adopter rencananya akan dikirimkan pada bulan Maret 2015, lalu menyusul batch pertama buat para backer di bulan Juni 2015.

Sumber: Kickstarter.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter