1. Lifestyle

Battlefield 4: Versi PC Versus Microsoft Xbox 360

Untuk merayakan dimulainya tahap closed-beta salah satu game first-person shooter yang paling ditunggu-tunggu tahun ini - Battlefield 4 - saya akan mengajak Anda menyaksikan video tujuh menit yang membandingkan versi PC dengan versi Xbox 360. Video yang dibuat dan diunggah ke YouTube via channel VideoGamer ini mempertanyakan sebuah hal yang cukup lucu: seberapa buruk-kah Battlefield 4 Xbox 360 jika dibandingkan dengan versi PC-nya?

Battlefield 4 adalah salah satu shooter dengan visual terindah saat ini. Ia dipersenjatai Frosbite 3, menyajikan fisik dan objek in-game yang bisa dihancurkan - termasuk gedung pencakar langit hingga kendaraan amfibi. Kita bisa melihat semua keelokkan grafisnya dari berbagai video Battlefield 4 yang telah dirilis dari mulai Electronic Entertainment Expo 2013 lalu. Tentu saja, semua 'keindahan' visual ini dijalankan dari platform game terkuat yang ada di bumi: PC. Kemudian apa kabar versi Xbox 360 dan PlayStation 3?

Mari kita saksikan video perbandingan ini bersama-sama:

Itulah yang ingin dibahas para kru VideoGamer, mereka menggabungkan gameplay footage versi PC bersebelahan dengan Xbox 360. Tentu saja, Battlefield 4 versi Xbox 360 memiliki gambar yang lebih 'buram', ujung objek dengan anti-aliasing minimal yang kasar, jarang pandang yang dekat, detail yang rendah dan lain-lain. Bahkan api pembakaran terlihat disajikan dalam resolusi rendah, serta air laut yang tidak 'serealistis' versi PC.

Itu juga berarti kita membandingkan teknologi PC terbaru seharga minimal US$ 850 dengan console tua seharga US$ 300. Tentu saja perbandingan ini tidak adil, tapi bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang masih memilih-milih antara membeli Xbox One, PlayStation 3 atau membangun PC baru. Karena hal ini akan terjadi kembali di akhir hayat console-console next-gen tersebut. Tapi untungnya, visual versi Xbox One bisa dibilang tidak terlalu 'buruk' untuk sebuah console berumur tujuh tahun yang menjalankan game dengan engine grafis tercanggih.

Kemudian bagaimana jika Anda tidak memiliki PC yang mumpuni, hanya memiliki sebuah console last-gen? Apakah itu berarti membeli Battlefield 4 versi console adalah pilihan yang paling masuk akal? Belum tentu, kecuali Anda memang berniat untuk memiliki PS4 - apalagi dengan program upgrade yang ditawarkan Sony (sedihnya hal ini tidak terjadi untuk Xbox). Sayangnya, Anda juga mendapatkan harga termahal: Battlefield 4 seharga US$ 60 ditambah biaya upgrade US$ 10. Bahkan setelah memiliki console next-gen pun, Anda belum tentu mendapatkan versi game dengan visual terbaik: GPU Xbox One setara dengan HD 7790 dan PlayStation 4 setera dengan HD 7850, sedangkan pemilik PC sudah bisa mengakses seri terbaru Radeon HD 8000 dan GeForce GTX 700.

Apapun keputusan Anda nantinya, mengapa tidak memilih versi dengan visual terbaik dengan komunitas yang paling ramai dan bertahan lama?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again