1. Lifestyle

Kenali Budaya Indonesia dengan Memainkan Game Nguri Budaya 2

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Saking banyaknya kebudayaan yang kita miliki, banyak dari kita yang baru mengetahui sebagian kecil dari karya budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Hal ini pula yang bisa jadi persoalan mengapa terjadi klaim atau pencurian kekayaan budaya kita oleh negara lain. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja sih kekayaan budaya di Indonesia.

Untuk menjawab tantangan tersebut, studio game asal Indonesia yang bernama Enthrean Guardian meluncurkan game untuk menguji wawasan budaya kita.

Info menarik: Kini Anda Bisa ‘Berburu’ Monster Nessie Via Google Street View

 

Game dengan judul Nguri Budaya 2 akan mengasah kemampuan budaya, geografis, dan juga sejarah yang ada di Indonesia dalam bentuk kuis. Dengan memainkan game ini, kita bisa memperkaya pengetahuan tentang Indonesia dan bisa menambah rasa cinta terhadap negara kita ini.

Ada empat kategori permainan yang bisa kita pilih yaitu kategori pahlawan, kategori bangunan bersejarah, kategori lagu daerah, dan kategori pakaian adat. Tiap kategori akan memberikan kita berbagai jenis pertanyaan yang harus kita jawab. Bentuk pertanyaannya beragam dan sesuai dengan tema dari masing-masing kategori.

Untuk pertanyaan dari kategori pahlawan, kita akan diberikan foto pahlawan nasional dan akan diberikan pertanyaan terkait tokoh yang ada di gambar tersebut. Lalu untuk pakaian adat, kita akan ditampilkan pakaian adat dari suatu daerah dan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Sedangkan untuk kategori bangunan bersejarah, sayangnya alih-alih menampilkan foto bangunan bersejarah, kita hanya akan diberikan sebuah ilustrasi sederhana dari bangunan tersebut untuk dijadikan petunjuk. Hal ini agak menyulitkan karena kerap kali gambarnya terlalu minimalis dan kurang representatif dengan bangunan yang dimaksud. Kemudian untuk lagu daerah, akan dimainkan potongan lagu yang akan menjadi petunjuk bagi kita.

Permainan model kuis dan trivia ini sebetulnya cukup populer di Indonesia. Namun sayangnya banyak pertanyaan yang terasa terlalu sulit dan sifatnya hafalan sehingga game ini menjadi tidak mudah untuk dimainkan. Mungkin ada baiknya untuk menambah wawasan sebelum menjawab pertanyaan, diberikan sebuah game interaktif atau animasi yang akan menjadi petunjuk dari soal yang perlu kita jawab sehingga yang tadinya tidak tahu bisa menjadi tahu.

Info menarik: Butuh Game Ringan Untuk Mengisi Waktu Luang? Coba Mainkan Daruma Fever

Selain kualitas gambar yang di beberapa kategori terlihat kurang dieksekusi dengan baik dan pertanyaan yang terlampau sulit, game Nguri Budaya 2 ini menarik untuk dimainkan terutama bagi yang ingin tau lebih jauh tentang budaya lokal.

Bagi yang ingin menguji kemampuan dan wawasan terhadap budaya di Indonesia, game ini sudah bisa diunduh di Google Play secara gratis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again