1. Lifestyle

BioWare Rilis Demo Gameplay Dragon Age: Inquisition Sepanjang 16 Menit

Karena Dragon Age 2 yang dianggap kurang memuaskan banyak penggemarnya, banyak orang kurang optimis dengan seri ketiga permainan ini yang mengambil judul Dragon Age: Inquisition. Tapi perlahan-lahan paradigma mereka berubah berkat berbagai video dan demonstrasi gameplay yang developer BioWare publikasikan.

Momentum mulai berubah menjelang dan sesudah Electronic Entertainment Expo di bulan Juni lalu. BioWare memanfaatkan ajang gaming terbesar di dunia itu untuk memamerkan porsi demo yang cukup komprehensif. Langkah ini biasanya diambil oleh developer yang yakin bahwa konten di dalam video game mereka sangat besar, sehingga demonstrasi sepanjang beberapa belas menit tidak akan merusak kejutan yang ada di dalamnya.

Akhirnya, video tersebut-pun bisa diakses secara bebas oleh publik. Melalui channel YouTube mereka, tim Dragon Age memperlihatkan dengan cukup lengkap aspek gameplay dari Inquisition - bukan hanya sekedar potongan-potongan video seperti yang telah dirilis sebelumnya. Sebelum dibahas lebih lanjut, ada baiknya kita menyimak dulu video gameplay berdurasi 16 menit tersebut di bawah ini.

Dari video tersebut kita bisa simpulkan bahwa visual yang cantik bukanlah sekedar janji yang diucapkan BioWare. Ditenagai engine game Frosite 3.0, dunia Dragon Age: Inquisition bukan hanya indah, tapi juga penuh dengan karakter dan kehidupan.

 

Info menarik: Trailer Terbaru Dragon Age: Inquisition Sangat Epik dan Bebas-CGI

 

Sang narator kembali menjelaskan bahwa Inquisition memiliki sebuah ekosistem yang dinamis, dimana makhluk hidup di dalam permainan disimulasikan layaknya makhluk hidup sungguhan. Contohnya, dalam sebuah hutan terdapat berbagai spesies fauna herbivora dan karnivora dalam tingkat rantai makanan berbeda.

Jika pemain memburu habis spesies predator seperti serigala, maka jumlah hewan herbivora akan melimpah. Lalu jika Anda memburu hewan-hewan herbivora hingga hampir punah, jumlah predator juga akan menurun. Namun jika Anda bertemu dengan hewan-hewan karnivora tersebut, mereka akan melawan dengan ganas karena sumber makanan yang kian menipis.

Demo di atas juga memperlihatkan bagaimana sang narator memilih untuk bermain menjadi karakter gadis Qunari untuk yang pertama kalinya dalam seri ini. Qunari adalah ras mirip manusia dengan proporsi tubuh yang lebih tinggi serta lebih besar (juga lebih kuat). Mereka memiliki kulit berwarna perunggu kecoklatan, rambut putih dan tidak sedikit yang memiliki sepasang tanduk di kepalanya.

Sistem dialog disajikan seperti dalam Dragon Age 2. Anda tidak harus membaca panjang lebar untuk merespon pertanyaan ataupun argumen dari NPC. Pilihan respon diwakilkan oleh pilihan pendek. Tiap pilihan akan membentuk karakter Anda, dan karakter orang-orang yang berada di sekitarnya.

 

Info menarik: Selain PlayStation 4, Remake Game Grim Fandango Juga Akan Dirilis Untuk PC, Mac & Linux

 

Percakapan diisi oleh aktor suara profesional dan pemain dapat memilih sendiri seperti apa suara karakter yang ia mainkan, pria ataupun wanita, dengan beberapa opsi aksen berbeda.

Kira-kira pada sepertiga di bagian akhir video, BioWare juga mempertunjukkan bagaimana pertarungan melawan naga berlangsung. Pertempuran ini akan memakan cukup banyak waktu, kesabaran, serta menuntut kemampuan pemain dalam berstrategi dan mengeksekusi pilihan dengan jitu. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengambil kendali karakter tertentu yang ada dalam anggota tim - selain karakter utama.

Seperti dalam Skyrim, membunuh naga tidak mudah. Ia akan menjadi ancaman baik saat terbang maupun ketika di darat. Sang narator mendeskripsikan sebagai, "Predator puncak yang tidak mudah ditaklukkan."

Demonstrasi ini tampaknya dijalankan dengan menggunakan gamepad. Saya belum bisa memastikan dengan platform apa ia dijalankan. Walaupun melihat para karakter beraksi dari dekat memang mengesankan, BioWare juga belum memperlihatkan tampilan taktis secara penuh seperti yang mereka pernah mereka janjikan - a la Dragon Age: Origins atau game klasik seperti Baldur's Gate.

Dragon Age: Inquisition segera dirilis pada tanggal 7 Oktober 2014 nanti untuk platform Windows PC, PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3 dan Xbox 360. Sang publisher EA juga sudah membuka gerbang pre-order bagi Anda yang sudah tak sabar untuk memainkannya, dengan bonus pack 'The Flames of the Inquisition'.

Gambar header: DragonAge.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again