1. Lifestyle

Bisa Akses WiFi di Pesawat Garuda Indonesia

Berita tentang akan tersedianya WiFi di pesawat Garuda Indonesia telah beredar sejak beberapa waktu lalu. Kini Boeing 777-300ER yang digunakan maskapai Garuda Indonesia telah lulus uji Flight WiFi.

Dikutip dari berita di Selular.co.id, dengan lulus uji ini Garuda Indonesia akan bisa memberikan fasilitas in-flight WiFi pada para penumpangnya untuk pesawat Boeing 777-300ER (Extended Range) yang akan melayani rute penerbangan internasional jarak jauh.

Masih dari artikel yang sama disebutkan bahwa uji kelaikan in-flight WiFi ini telah dilakukan tanggal 6 Juli kemarin oleh Tim Kementerian Kominfo. Pengujian dilakukan bersamaan dengan demo terbang dari Jakarta menuju Denpasar. Penerbangan diikuti pula oleh manajemen Garuda Indonesia, Kementerian Perhubungan dan Telkom.

Beberapa poin yang didapatkan dari hasil uji antara lain menyebutkan bahwa penggunaan WiFi pada penerbangan tersebut tidak mengalami gangguan interferensi, baik terhadap saluran komunikasi oleh cockpit atau kanal frekuensi lai. Layanan WiFi ini hanya boleh digunakan di atas ketinggian 10.000 dan tidak boleh digunakan saat take off atau landing.

Layanan voice pun bisa berjalan dengan baik meski untuk formasi ini belum diperkenankan. Layanan berbasis WiFi yang boleh digunakan adalah untuk menjelajah internet, mengakses jejaring sosial, email dan pesan instan.

Penggunaan komersil untuk in-flight WiFi ini akan dilakukan pada tanggal 9 Juli untuk rute Jakarta - Jeddah, dan meski uji untuk Boeing 777-300ER telah berhasil baik namun untuk fasilitas serupa di pesawat jenis lain milik Garuda harus melewati uji lainnya.

Dengan fasilitas ini, Garuda Indonesia memiliki fasilitas yang sama dengan beberapa maskapai internasional lain yang menyajikan layanan serupa. Tentunya ini bisa menjadi fasilitas tambahan bagi para pekerja yang sedang dalam penerbangan internasional untuk tetap bekerja di atas pesawat, selain tentunya untuk hiburan lewat internet.

Untuk mengetahui informasi pengujian lebih detail Anda bisa membaca di Selular.co.id.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again