13 April 2015

by Yoga Wisesa

Bisa 'Meretas' Syaraf, Cincin Pintar V1bes Bantu Anda Atasi Stres

Stres dapat dikelola dengan menggeser pola pikir serta hidup lebih sehat. Tapi teori memang jauh lebih mudah diucapkan dari prakteknya. Untung saja teknologi kini sudah sangat maju, telah tersedia banyak device yang dirancang buat membantu Anda melawan stres. Namun pertanyaannya, apakah alat tersebut mudah digunakan dan memang cocok untuk Anda?

Sebuah developer asal Finlandia berpendapat, stres sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Anda tidak bisa mengukurnya sekedar berbasis denyut nadi via smartband karena indikator tersebut sangatlah terbatas. Mereka termotivasi menciptakan V1bes, perangkat berbentuk cincin yang dapat menakar tiga hal: sinyal elektrik dari gelombang otak, detak jantung, dan daya penyerapan medan elektromagnetik.

Menurut tim V1bes, mengerti pemicu stres akan memudahkan kita mengatasinya. V1bes mengambil bentuk seperti cincin berukuran raksasa, dikenakan di jari telunjuk tangan kanan. Pemakaiannya terbagi dalam beberapa tahap pose. Pertama kepalkan tangan Anda dan taruh jempol di atasnya buat mengambil denyut. Lalu tempelkan di dahi dalam posisi 'berpikir'. Kemudian lepas untuk menghitung polusi medan elektromagnetik di sekitar kita.

Info menarik: Menjadi Pegawai yang Selalu Berjiwa Sehat Berkat Orrb Pod, Bilik Digital Pemusnah Stres

Setelah data berhasil dikumpulkan dan dikalkulasi, Anda akan disuguhkan info mengenai tingkat stres dan bagaimana respon tubuh menghadapinya. Para penciptanya ingin membantu orang agar mereka hidup lebih santai dan memanfaatkan V1bes serta aplikasi pendukung untuk mempromosikan yoga dan konsumsi makanan sehat. Menariknya, V1bes hanyalah perintis dari visi besar developer.

Kepada Digital Trends, Gustav Kranck selaku representasi V1bes menerangkan bahwa syaraf vagus bertugas menghubungkan otak ke organ-organ utama tubuh. Beberapa ahli percaya menstimulasi vagus secara elektrik dapat membantu mengobati beragam kondisi kronis penyakit epilepsi, arthritis, sampai IBS. Metode tersebut diracik untuk memperbaiki syaraf jika rusak. Sederhananya, V1bes mampu 'meretas' syaraf Anda.

Dan melalui data-data yang dikumpulkan oleh V1bes, para dokter juga dimudahkan untuk melakukan penanganan. V1bes digarap menggunakan konsep open platform, dan data di sana bisa diakses mudah dan dihapus pemilik jika cemas informasi akan bocor. Kranck yakin kemudahan tersebut mampu mempercepat terobosan selanjutnya di dunia medis.

Awalnya ide V1bes diungkap melalui platform crowdfunding Indie Gogo, sayang kampanye penggalangan dana mereka gagal. Kini V1bes telah kembali bangkit, tampaknya menjadi bagian dari GE Healthcare.

Sumber: V1bes.com.

Koreksi: Perbaikan judul.