1. Startup

Blaast Resmi Soft Launch, Kerja Sama dengan XL (Updated)

Pagi ini saya secara tidak sengaja membaca Tweet dari Fachry Bafadal, salah satu ambassador dari Blaast yang me-RT informasi tentang tersedianya layanan Blaast bagi pengguna umum.

Karena penasaran saya kemudian mengunduh aplikasi Blaast sambil mencari beberapa informasi tambahan. Informasi lain yang saya temukan hadir dari Ziyad, yang saya kenal sebagai software engineer lokal yang bekerja untuk Blaast, yang mengumumkan bahwa hari ini Blaast telah soft launch dan menyediakan layanannya bagi mereka yang tertarik untuk mencoba berbagai aplikasi di ekosistem mereka.

Blaast, yang merupakan sebuah platform komputasi awan di ponsel, sendiri telah aktif di Indonesia, setidaknya sejak Mei 2011. Meski kantor pusat di Finlandia, Blaast memilih Indonesia sebagai tempat pertama untuk meluncurkan layanan mereka, salah satunya karena peluang feature phone yang cukup besar di sini.

Berbagai kegiatan seperti meetup, workshopkompetisi serta pendekatan ke berbagai developer di berbagai daerah dilakukan, selain sebagai sarana pengenalan layanan mereka juga menjaring para developer untuk mengembangkan aplikasi dan menyediakannya di toko aplikasi mereka. Anda bisa membaca beberapa informasi tentang Blaast di DailySocial lewat tautan ini.

Salah satu hal yang menarik adalah kerja sama dengan XL yang dilakukan oleh Blaast. Saya sendiri sebenarnya telah mendengar kabar ini jauh-jauh hari namun belum bisa dikonfirmasi, di situsnya juga sejak lama telah diinformasikan bahwa mereka akan bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia, nampaknya kerja sama mereka telah resmi dan bisa dilihat dari alamat URL untuk mendapatkan aplikasi Blaast lewat ponsel serta dua logo (XL dan Blaast) yang akan muncul ketika Anda launch aplikasi Blaast. Ada juga keterangan potongan biaya GPRS dari XL yang diberikan untuk minggu pertama.

Setelah mencoba untuk mengunduh aplikasi Blaast, sayangnya saya belum bisa menggunakan layanan serta beberapa aplikasi lain yang tersedia. Entah kenapa button 'mulai' yang harusnya bisa ditekan tidak aktif. Saya menggunakan Nokia C7 dan layanan XL. Tidak ada penjelasan lain di situs Blaast tentang persyaratan apa yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan layanan mereka baik jenis ponsel, operator atau lainnya, jadi saya berasumsi seharusnya bisa digunakan disemua ponsel. Sayangnya, di situsnya juga tidak ada informasi tentang apakah pengguna operator lain, selain XL bisa menggunakan layanan Blaast.

Anda yang ingin mencoba berbagai aplikasi antar lain chat dan game yang ada di Blaast bisa menuju tautan get.blaast.com dari web dan mencamtumkan nomor ponsel yang Anda gunakan, nanti akan ada tautan untuk mengunduh aplikasi Blaast atau Anda juga bisa mengunjungi get.blaast.com dari peramban ponsel Anda.

Kami akan mencoba mencari berbagai infomasi tambahan tentang soft launch dan kerja sama dengan XL dari Blaast ini. Saya sendiri akan mencoba lagi, mungkin di ponsel lain agar bisa mencoba berbagai aplikasi yang tersedia di Blaast. Bagi Anda yang sudah mencoba, bisa menuliskan pengalaman Anda di kolom komentar.

Update: 

Daniel Bergqvist, Head of Developer Relations dari Blaast memberikan beberapa informasi tambahan. Untuk dukungan perangkat, Daniel mengatakan, "Blaast is purpose built for feature phones and with reduced data usage by design - which is one of biggest constraints in evolving markets."

Kemudian beberapa perangkat paling populer yang bisa digunakan untuk menikmati layanan Blaast antara lain:

  • Nokia C3
  • Nokia X2
  • Nokia 2700 Classic
  • Nokia 2730 Classic
  • Nokia 3120 Classic
  • Nokia 5130 XpressMusic
  • Nokia 5310 XpressMusic
  • Samsung B3210 Corby TXT
  • D-One DG578
  • Nexian NX-G801 Beatbox
  • Nexian NX-G821

Daniel juga mengatakan bahwa dukungan ponsel yang bisa menjalankan layanan Blaast akan terus bertambah setiap harinya. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba bisa menggunakan perangkat di atas atau yang memiliki karakteristik yang mirip.

Blaast juga akan mengadakan acara untuk merilis resmi layanan mereka, detail informasi akan terus di update.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again