26 February 2014

by Bambang Winarso

BlackBerry Resmi Perkenalkan BlackBerry Q20, Perangkat Baru Berbekal Keyboard Fisik

Tahun 2014 ini bisa menjadi titik balik bagi BlackBerry, perusahaan asal Kanada tersebut mulai menggeliat memanaskan mesin dengan melahirkan jagoan-jagoan baru. Setelah sebelumnya memperkenalkan BlackBerry Z3 'Jakarta' di event MWC 2014, BlackBerry juga mengumumkan pasangan smartphone tersebut bernama BlackBerry Q20.

BlackBerry Q20 menjadi jawaban dari semua keinginan pengguna, sebagaimana pernah disampaikan oleh John Chen Januari silam.

Chen mengatakan bahwa sebagian besar perangkat BlackBerry nantinya akan menggunakan keyboard fisik, bukan hanya karena Chen menyukai keyboard jenis ini tetapi menurutnya pasar ‘baru’ BlackBerry yang notabene dari kalangan pemerintah dan korporat juga lebih menyukai keyboard fisik karena dinilai relatif lebih mudah saat menulis email atau pesan pendek.

Benar adanya, alih-alih menggunakan keyboard layar sentuh, BlackBerry membenamkan keyboard fisik QWERTY klasik di BlackBerry Q20 lengkap dengan trackpad, tombol back, menu dan end.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengganti Template Blogger.com

 

Layar BlackBerry Q20 hanya 3,5 inci, tergolong mini untuk ukuran smartphone modern namun diklaim yang paling besar di antara perangkat dengan tombol QWERTY. Lagipula, ukuran tersebut dinilai sudah cukup nyaman untuk mengakses web, membaca atau menulis email dan menjalankan aplikasi.

Dikutip dari blog BlackBerry, perangkat baru ini dirancang dengan desain yang lebih baik, material yang lebih berkelas dan terbukti tahan lama. Sayang tidak disebutkan lebih rinci material dasar yang dimaksud.

Tak berbeda jauh dengan komponen baterai, kendati menyebutkan memiliki kapasitas yang lebih besar namun BlackBerry tak memberikan informasi secara jelas berapa kapasitas baterai yang ditanamkan ke BlackBerry Q20.

BlackBerry Q20 barangkali boleh disebut sebagai reinkarnasi BlackBerry Q10 namun dengan versi yang lebih mini, jika Q10 menyasar pasar high end sebaliknya Q20 menyasar pasar menengah ke bawah, meskipun hingga saat artikel ini dipublikasikan belum ada informasi pasti berapa banderol smartphone ini.

 

Info Menarik: BlackBerry Z3, Smartphone Terbaru Berlayar Lima Inci Untuk Konsumen Setia BlackBerry di Indonesia

 

Jika berkaca pada track record BlackBerry saat memasarkan Q10, mustahil mereka masuk ke lubang yang sama dengan nekad kembali meluncurkan produk dengan spesifikasi yang relatif sama meskipun dengan nama berbeda. Satu-satunya hal yang bisa mereka tawarkan adalah harga yang lebih murah.

Amat disayangkan belum ada informasi terkait spesifikasi BlackBerry Q20, namun seperti halnya pengumuman hari ini, semua hanya masalah waktu.

BlackBerry memastikan jagoan baru mereka ini akan hadir di paruh kedua tahun 2014, masih agak lama tetapi menarik untuk menemukan jawaban apakah BlackBerry Q20 dan saudaranya BlackBerry Z3 'Jakarta' akan diterima oleh konsumen.

Updated: BlackBerry mengubah nama komersil BlackBerry Q20 menjadi BlackBerry Classic.

Sumber berita blogs/BlackBerry. Gambar ilustrasi header: BlackBerry via Shutterstock.