Categories

Gadget

Blibli Bawa Meizu M2 ke Indonesia, Smartphone Berkualitas Untuk Kalangan Muda

Yoga Wisesa - 29 September 2015

Pendaratan Meizu pertama di Indonesia lewat M2 Note mungkin memunculkan satu pertanyaan: dapatkah sang produsen dari Guangdong itu berhasil menembus pasar smartphone mid-range nusantara yang saat ini sudah begitu padat? Tapi tampaknya M2 Note cukup sukses, karena Meizu sangat bersemangat untuk menghadirkan satu lagi produk mereka.

Device tersebut bukanlah model high-end semisal MX5 atau Pro 5. Ia masih satu keluarga dengan sang phablet, bahkan mengusung nama yang hampir serupa. Di tanggal 28 September 2015, Meizu meluncurkan M2 di Indonesia, dipasarkan secara eksklusif lewat mall online Blibli.com. Seperti M2 Note, smartphone itu ditargetkan bagi konsumen ‘berjiwa muda’. Kalangan ini memang cukup kritis menilai produk dan Meizu cukup yakin pada penampilan M2 di luar serta spesifikasi hardware di dalam.

Dilihat dari keseluruhan desain, Meizu M2 mirip varian Note, cuma berbeda di ukurannya. Panel dikelilingi frame hitam dengan bagian ujung membundar. Penempatan bingkai atas dan bawahnya seimbang, lalu sisi samping juga melekuk, mengarah ke bagian punggung yang rata. Konstruksinya mengingatkan saya pada iPod. Namun mayoritas tubuh sendiri tersusun atas material polikarbonat.

Layar 5-inci 720p full laminated GFF berkepadatan 291ppi-nya diproteksi oleh lapisan AGC Dragontrail-X. Ditambah frame tipis dan ketebalan 8,7milimeter, M2 cukup mudah dioperasikan menggunakan satu tangan, meski mungkin lebar hampir 7cm menyebabkan smartphone kurang nyaman ketika Anda menjejalkannya di kantong celana. Demi menopang konsep pemakaian satu tangan, Meizu tak lupa membubuhkan fitur mBack pada tombol fisik, tersaji eksklusif di platform Flyme OS 4.5 – versi forked Android 5.1.

Info menarik: Siap Gempur Handset Flagship Populer, Meizu Pro 5 Diluncurkan

Aspek lain yang Meizu banggakan dari M2 adalah kamera. Walaupun harganya sedikit lebih rendah dari sejumlah handset kelas menengah, M2 telah dilengkapi sensor garapan Samsung CMOS berukuran 13-megapixel. Saya belum bisa berkomentar banyak soal kamera belakang karena Meizu belum menerangkan lebih detail dan saya belum sempat mengujinya, tapi sang produsen mengklaim kemampuan kamera 5-Mp di depan plus mode FotoNation 2.0 ‘siap memanjakan pecinta selfie‘.

Kita tahu operator seluler lokal telah mulai mengiplementasikan teknologi 4G LTE, dan Meizu M2 siap menyuguhkannya (TDD/FDD) via dual nano SIM card. Anda dapat menanamkan dua kartu di satu tray yang sama. Karena keduanya mendukung 4G, Anda tak perlu repot-repot menukar letak SIM. Sewaktu kita hanya memakai satu nomor saja, slot lain bisa difungsikan untuk menaruh memori eksternal, maksimal 128GB.

Sekali lagi Ross Wang selaku Director of Business Cooperation menjelaskan perjalanan singkat Meizu. Dahulu mereka terkenal sebagai pencipta MP3 serta MP4 player. Setelah berkecimpung dalam produksi handset, Meizu mengadopsi keahlian itu ke beberapa produk mereka. Penuturan tersebut mendorong saya bertanya, apakah kemampuan audio high fidelity turut Meizu benamkan di M2? Sayangnya ia hanya dibekali chipset speaker MT6325, dan Hi-Fi cuma tersedia di model flagship saja.

Info menarik: Usung Semangat ‘Jiwa Muda’, Meizu M2 Note Coba Tembus Pasar Smartphone Mid-Range

Mengulik Meizu M2 lebih dalam, handset ini ditenagai system-on-chip MTX MT6735 berprosesor quad-core A53 1,3GHz dan GPU Mali T720 MP2, dengan RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB, mengambil tenaga dari baterai 2.500mAh. Segi konektivitasnya meliputi Wi-Fi, Bluetooth 4.0, GPS dan port USB 2.0 yang kompatibel ke fitur on-the-go.

Menurut Meizu, golongan muda di Indonesia tercatat memiliki persentase sangat tinggi dan tidak takut mencoba produk-produk baru. Mereka memilih Blibli sebagai partner karena berdasarkan komentar CEO Kusumo Martanto, segmen muda ialah salah satu pasar terbesar Blibli.com. Lewat layanan tersebut, penjualan smartphone terpantau mengalami pertumbuhan pesat: 600 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Konsumen terbesar berada di jangkauan umur 25 sampai 35 tahun.

Meizu M2 akan dipasarkan melalui metode flash sale di Blibli.com, dilangsungkan pada tanggal 1 Oktober 2015 antara pukul 10:00 sampai 15:00. Smartphone dibanderol seharga Rp 1,7 juta, dibundel bersama bonus paket data Indosat Mentari 5GB. Pembayaran dapat dilakukan di tempat, dengan kartu kredit, atau debit. Biaya pengirimannya gratis.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter