Kehadiran karakter baru di Overwatch sudah bisa dipastikan sejak minggu lalu setelah Blizzard Entertainment men-tease-nya lewat blog berisi wawancara fiktif antara Atlas News dengan Efi Oladele. Oladele ialah anak jenius berusia 11 tahun yang berprestasi besar di bidang artificial intelligence, dan di sana, ia sempat menyampaikan rencana untuk membuat robot penjaga kedamaian.

Meskipun Efi Oladele boleh dibilang sebagai salah satu karakter anyar kreasi Blizzard, ia ternyata bukanlah hero baru Overwatch seperti yang diasumsikan para fans. ‘Pahlawan’ Overwatch ke-24 adalah Orisa, sebuah robot yang diciptakan Efi untuk menjaga keamanan kota Numbani, diumumkan oleh developer diiringi publikasi dua video – yaitu introduksi oleh vice president Jeff Kaplan serta animasi ‘origin story‘.

Berdasarkan cerita fiksi jagat Overwatch, Orisa merupakan hasil modifikasi dari robot OR15 yang dilakukan oleh Efi. Awalnya robot-robot OR15 dibuat untuk melindungi Numbani, namun mereka tidak berhasil menghentikan serangan Doomfist (karakter Overwatch lain yang belum diperkenalkan Blizzard secara lebih resmi). Selanjutnya, karakteristik dan cerita latar belakang Orisa diangkat oleh developer ke aspek gameplay.

Orisa merupakan hero tank keenam Overwatch, ditugaskan untuk memproteksi serta memperkuat kawan-kawan satu tim. Senjata utamanya ialah Fusion Driver, sebuah pistol otomatis dengan akurasi dan jangkauan tinggi. Kendalanya, saat ditembakkan, Fusion Driver menyebabkan gerakan Orisa jadi lambat. Selain itu sang robot juga dilengkapi Halt!, yaitu kemampuan meluncurkan peledak gravitasi buat menghambat musuh.

Orisa turut dibekali kapabilitas Fortify, membuatnya lebih kebal terhadap serangan dalam durasi singkat; serta dapat memposisikan/melempar Protective Barier – fungsinya mirip Barrier Field punya Reinhardt, yakni untuk memproteksi teman-teman dari proyektil lawan. Skill ultimate sang robot sendiri bernama Supercharger, sebuah tembakan sinar yang bisa mendongkrak damage rekan-rekan Anda.

Berdasarkan penjelasan Blizzard, Orisa dirancang demi memperkuat formasi tim. Skill-skill-nya difokuskan pada proteksi dan buff, lalu barrier dan Supercharger-nya bisa dipakai buat mengejutkan lawan tanding ketika tim sedang melakukan penyerangan. Selain efektif melumat musuh, senjata Fusion Driver Orisa juga dapat dimanfaatkan untuk mengunci mereka di satu posisi.

Orisa sudah bisa Anda mainkan sekarang di Public Test Region. Penyingkapan hero baru ini dilakukan tidak lama setelah Blizzard mengumumkan fitur Game Browser  – di mana Anda dapat browsing, mengelola, serta membuat match custom bisa dinikmati oleh lebih banyak pemain.

Sumber: PlayOverwatch.com.