1. Startup

Bocoran Masa Depan Personas Dari Firefox

Salah satu fitur yang diungulkan dari Firefox 3.6 adalah Personas, sebuah fitur yang memungkinkan user untuk memberikan suasana baru dalam menggunakan browser, karena user bisa mengganti latar belakang browser dengan berbagai desain menarik yang di desain oleh para desainer dengan berbagai tema mulai dari Fashion, musik, alam, olahraga dan berbagai tema desain lain.

Seperti yang dijelaskan di blog Mozilla, Personas merupakan salah satu eksperimen yang dikembangkan di Mozilla Labs dan kini Personas telah lulus dari Labs dan akan menjadi fitur yang mapan. Perubahan ini juga ditandai dengan pemindahan berbagai desain Personas yang dulunya bisa didapatkan di getpersonas.com kini akan dipindahkan ke addons.mozilla.com, yang berarti akan mendapat perhatian serius dari Firefox, karena seperti yang kita tau, salah satu kelebihan yang dimiliki Firefox untuk menjadi browser yang populer adalah add-ons.

Selain itu Personas pun kini berubah namanya menjadi Personas Plus, dari namanya sudah pasti mengindikasikan sebuah fitur tambahan yang akan membuat Personas tetap menjadi sukses fenomenal, seperti yang di tulis di blog Mozilla. Dan seperti yang ditulis oleh ReadWriteWeb, salah satu perkembangan yang paling menarik untuk di pantau adalah penambahan ambient information pada Personas.

Perkembangan tentang ambient information ini juga terdapat dalam rencana kerja pengembangan Personas yang akan menjadi add-on selain beberapa perkembangan yang akan ditambahkan pada Personas Plus seperti dynamic Personas, page specific Personas, self hosted Personas, Personas + theme capability, serta beberapa perkembangan lain.

Apa yang bisa dilakukan ambient information di Personas? Bayangkan jika anda sedang menjelajah web menggunakan Firefox dengan Personas tertentu lalu secara otomatis Personas akan memberikan informasi tambahan tentang web yang anda lihat saat itu. Seperti yang bisa dilakukan di beberapa aplikasi add-on, contohnya seperti yang juga saya gunakan add-on Feedly. Atau seperti yang ditulis ReadWriteWeb, apakah Personas Plus ini nantinya bisa menyediakan statistik dari Twitter, Diggs dan social network lain?

Belum ada keterangan resmi dari Mozilla sendiri tentang detail seperti apa ambient information di Personas ini nantinya, semoga saja akan menambah fungsi Personas untuk mendukung produktifitas, selain untuk memperindah background browser tentu saja.

Ditengah persaingan browser, Mozilla sendri terus berinovasi lewat Firefox, dan desain tampilan yang dimiliki Personas memang menjadi fungsi tambahan untuk menarik user, terutama bagi mereka yang rela untuk menambahkan hiasan pada browser mereka, juga para early user yang baru mengenal Firefox.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga pengguna Personas? Apakah anda juga berharap seperti saya, bahwa Personas bisa memberikan fungsi lebih untuk mendukung produktifitas selain untuk memperindah tampilan background browser? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again