12 June 2014

by Bambang Winarso

Bocoran Terbaru Spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 Terungkap, Dirilis Dalam 2 Model

Februari lalu Samsung resmi mengumumkan amunisi baru di ranah smartphone, tak lain adalah Samsung Galaxy S5. Tapi tampaknya raksasa Korea tersebut masih lapar akan kreasi dan dikabarkan tengah bersiap merilis jagoan baru kali ini model Samsung Galaxy Note 4.

Tapi tak sekedar kabar abal-abal, karena bocoran tersebut memuat detail spesifikasi penerus Galaxy Note 3 itu.

Dikutip dari SamMobile, Samsung Galaxy Note 4 nantinya akan dirilis dalam dua model berbeda. Model pertama akan dibekali prosesor Snapdragon 805 SoC, khusus dijual untuk pasar Amerika Utara, Korea Selatan, Cina dan Jepang. Kemudian model kedua akan mengusung prosesor Exynos 5433 SoC, dilepas untuk pasar global selain negara-negara yang disebutkan tadi.

 

Info Menarik: Simplelocker, Malware Yang Mengancam Perangkat Android Anda

 

Tak perlu berkecil hati jika kebagian model kedua karena Exynos 5433 merupakan generasi terbaru penerus model Exynos 5430. Kendati belum ada informasi yang menjelaskan perbedaan keduanya namun Exynos 5433 dipastikan Exynos 5433memiliki performa yang lebih baik. Jika Exynos 5430 dibangun dengan kode Helsinki, sedangkan Exynos 5433 menggunakan kode HelsinkiPro.

Di bagian lain kedua model relatif sama, di mana keduanya mendapatkan komponen layar AMOLED QHD. Kian istimewa karena perangkat akan dibekali sensor yang sama dengan milik Galaxy S5, lebih istimewanya lagi Galaxy Note 4 diperkaya dengan sensor UV yang membuat perangkat ini berbeda karena mempunyai kemampuan auto-brightness yang lebih baik. Mampu terhubung ke perangkat wearable dan punya sistem peringatan bahaya ketika pengguna berada di bawah terik sinar matahari yang membakar.

Sumber yang sama juga mengklaim telah mengkonfirmasi Galaxy Note 4 akan diperkaya dengan fitur kamera 16MP dengan teknologi OIS. Adalah Sony yang akan memasok komponen ini, kendati sensor IMX240 yang dikabarkan akan menjadi amunisi kamera Galaxy Note 4 belum resmi diumumkan. Sementara untuk kamera bagian depan masih menggunakan kamera beresolusi 2MP.

Gambar header ilustrasi Galaxy Note 3 Anandtech