Categories

Otomotif

Bugatti Baby II Adalah Replika Mobil Balap Legendaris Bermesin Elektrik

Reinkarnasi modern Bugatti Baby, yang sendirinya merupakan replika fungsional dari Bugatti Type 35

Glenn Kaonang - 12 March 2019

Sebagian besar orang mengenal Bugatti sebagai pabrikan yang memproduksi supercar berharga jutaan dolar dan bermesin ekstra besar (16 silinder dengan kapasitas 8 liter), macam Chiron ataupun Divo, sehingga pada akhirnya sulit memprediksi kapan Bugatti bakal menyentuh ranah mobil elektrik.

Namun di ajang Geneva Motor Show tahun ini, mereka resmi menyingkap mobil elektrik perdananya. Sayang mungkin tidak seperti yang Anda bayangkan: bukannya Chiron atau Divo versi elektrik, mobil ini merupakan reinkarnasi Bugatti Baby yang sudah menempuh jalur modernisasi.

Dalam sejarahnya, Bugatti Baby sendiri merupakan replika fungsional dari Bugatti Type 35, mobil balap paling legendaris yang pernah diciptakan sang pabrikan asal Perancis tersebut. Kala itu, Baby yang hanya berukuran setengah dari Type 35 dibuat oleh Ettore Bugatti sebagai hadiah ulang tahun untuk anak bungsunya, sebelum akhirnya diproduksi secara terbatas (500 unit) mulai tahun 1927 sampai 1936.

Bugatti Baby II yang muncul di Geneva Motor Show 2019 ini juga merupakan edisi terbatas, dan hanya akan diproduksi sebanyak 500 unit saja. Bugatti sengaja mempertahankan hampir seluruh aspek yang membuat Baby orisinal begitu unik, tapi di saat yang sama tak lupa menyematkan sentuhan-sentuhan modern.

Pembeda yang paling utama adalah mesinnya. Baby II murni menggunakan energi listrik, dengan baterai lithium-ion yang rechargeable. Performanya bisa disesuaikan dengan pengemudinya: kalau anak-anak yang mengendarainya, pilih saja "Child Mode", yang akan menghasilkan output tenaga sebesar 1 kW serta kecepatan maksimum 20 km/jam.

Selanjutnya, masih ada "Adult Mode" yang akan mendongkrak tenaganya menjadi 4 kW, dengan top speed 45 km/jam. Yang menarik, ini bukanlah kapasitas asli dari Baby II, sebab Bugatti juga menyediakan paket upgrade opsional berupa sebuah "Speed Key" untuk membuka potensi sebenarnya (sama seperti Chiron): output daya 10 kW, tanpa batasan top speed.

Adult Mode? Ya, tidak seperti Baby orisinal, Baby II masih bisa dikendarai oleh orang dewasa, sebab ukurannya sedikit membesar menjadi tiga perempat dari Type 35. Rencananya, Bugatti bakal memproduksinya mulai musim semi mendatang, dan memasarkannya seharga mulai 30.000 euro.

Sumber: Bugatti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter