Bukalapak semakin unjuk gigi untuk mewujudkan ambisinya sebagai marketplace terdepan dan terlengkap di Indonesia. Setelah meluncurkan BukaReksa untuk investasi reksa dana beberapa waktu lalu, kali ini Bukalapak meluncurkan BukaMobil untuk kredit mobil.

BukaMobil adalah platform online yang memberikan kesempatan kepada pengguna Bukalapak (baik Pelapak maupun pembeli) membeli mobil dengan cara cicilan ringan. Untuk penyedia supply mobil, Bukalapak menggandeng MobilKamu sebuah platform jual beli online mobil yang dipimpin oleh Wilton Halim sebagai co-founder, kebetulan adalah adik kandung dari COO Bukalapak Willix Halim. MobilKamu sudah resmi berdiri sejak Mei 2015.

BukaMobil dikhususkan untuk pengguna Bukalapak yang ingin membeli mobil baru tapi tidak ingin melalui prosedur yang ribet. Pengguna dapat memilih merk dan tipe mobil yang diinginkan, menentukan sendiri jangka waktu cicilan, uang muka, dan besar cicilan yang dibayar sesuai kemampuan.

Business Development Manager Bukalapak Gahayu Handari Ekaputri menjelaskan inisiasi awal peluncuran BukaMobil dikarenakan adanya keinginan tinggi masyarakat untuk memiliki mobil pribadi akan tetapi terhalang oleh sulitnya pengajuan proses kredit dan mahalnya harga mobil.

“Sebelumnya Bukalapak telah menjual unit mobil baru berupa produk listing, akan tetapi prosesnya kurang optimal. Maka, kami sediakan layanan pembelian mobil dengan proses yang lebih mudah melalui fitur BukaMobil,” katanya kepada DailySocial, Selasa (14/3).

Untuk pengajuan prosedur yang harus dilalui pengguna juga cukup mudah. Mereka hanya perlu mendaftarkan akun ke Bukalapak dan sudah memverifikasi email dan nomor telepon. Kemudian, masuk ke halaman BukaMobil dan klik ‘Pilih Mobil Impianmu’ untuk mengisi form data lebih lanjut.

Adapun pilihan merek mobil yang tersedia di antaranya Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, dan Daihatsu. Pengguna juga dapat mendiskusikan rencana cicilan mobil lebih lanjut bersama tim Bukalapak.

Setelah itu, pengajuan cicilan akan segera diproses dan tim Bukalapak akan menghubungi pengguna untuk konfirmasi dan memberi tahu proses selanjutnya.

“Untuk pengembangan fiturnya, Bukalapak tentunya akan terus berupaya untuk meningkatkan kemudahan bagi para pengguna Bukalapak untuk mendapatkan mobil impian dengan menambah partner, variasi mobil yang diperjualbelikan hingga promo menarik untuk menjadi nilai tambah untuk pengguna.”

Gahayu berharap lewat BukaMobil, pengguna dapat merasakan kemudahan dalam pembelian mobil baru sesuai dengan jangka waktu cicilan pilihan pengguna dan tentunya meningkatkan penjualan mobil di Bukalapak.

Untuk layanannya ini, Bukalapak mengklaim harga mobil di BukaMobil lebih murah hingga 15% dibandingkan dengan harga mobil di diler dan persetujuan permohonan dijamin lebih tinggi dan cepat, serta ada garansi 100% uang kembali jika permohonan ditolak.

Untuk sementara, BukaMobil baru tersedia untuk pengguna Bukalapak yang berlokasi di Jabodetabek dan akan memperluas layanan ini ke kota lain berikutnya. BukaMobil juga baru bisa diakses lewat desktop.

Untuk pengadaan supply mobil, MobilKamu mengungkapkan sudah bermitra dengan semua showroom mobil besar di Jakarta. MobilKamu juga merupakan rekanan resmi dari Uber untuk keperluan rental atau kredit mobil buat mitra pengemudi dan partner Uber.