1. DScovery

Business Intelligence: Pengertian, Manfaat, dan Perannya

Business Intelligence (BI) adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis informasi yang dihasilkan oleh pengoperasian perusahaan.

Business Intelligence (BI) adalah sistem yang sangat penting saat ini. Pasalnya, sistem ini dapat memudahkan perusahaan dalam mengumpulkan data dan melakukan analisis secara real-time. Hasil analisis ini kemudian dapat dimasukkan ke dalam keputusan bisnis yang lebih baik.

Untuk mempelajari lebih lanjut, mari simak artikel berikut untuk informasi lengkap mengenai business intelligence di artikel ini!

Pengertian Business Intelligence

Business Intelligence (BI) adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis informasi yang dihasilkan oleh operasi perusahaan.

Data yang terkumpul disajikan dalam format pelaporan yang mudah dipahami, komprehensif dan akurat. Laporan ini dapat digunakan untuk pengukuran, analisis, dan pemantauan bisnis.

Selain itu, temuan yang dihasilkan juga dapat digunakan sebagai bahan penimbangan untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif.

Seberapa Penting BI untuk Perusahaan?

Ada beberapa hal yang membuat keberadaan BI menjadi sangat penting di perusahaan. Berikut detailnya:

• Perusahaan perlu mengetahui bagaimana kinerja dan kesuksesan mereka selama periode waktu tertentu. Dalam hal ini, BI membantu perusahaan untuk fokus pada visi utamanya.

• Masalah yang muncul dalam bisnis perusahaan harus dikenali tepat waktu, agar tidak berkembang dan lebih mudah untuk mengatasinya. Inilah tugas business intelligence yang bertugas memberikan penjelasan atas permasalahan kinerja sebuah perusahaan.

• Perusahaan memiliki data, tetapi tanpa BI, itu tidak dapat digunakan secara optimal.

Manfaat Menggunakan Business Intelligence (BI)

• Mendorong perusahaan untuk mencapai tujuan KPI dengan menyinkronkan semua informasi sehingga tim dapat fokus pada pekerjaannya.

• Memantau kinerja bisnis dan mengidentifikasi masalah menjadi lebih mudah.

• Memberikan informasi tentang perusahaan pada beberapa tingkatan.

• Menginformasikan tentang masalah atau batasan yang muncul di perusahaan.

• Menggali lebih dalam sumber data yang tersedia dan gunakan informasi ini untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan kinerja bisnis.

Peran Business Intelligence

Peran atau tugas BI yang penting untuk diketahui oleh bisnis, diantaranya meliputi:

• Melakukan analisis data

Sistem ini secara otomatis menghasilkan laporan yang memudahkan analisis data bisnis. Analisis tersebut diperlukan untuk meningkatkan perkembangan perusahaan berdasarkan data yang akurat.

• Mengelola data

Tugas BI tidak berhenti mengumpulkan informasi yang berbeda atau perusahaan dari sumber yang berbeda. BI juga bertanggung jawab untuk menyimpan informasi pelanggan di lokasi aman yang hanya dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan dengan bisnis mu.

• Mengevaluasi perkembangan usaha secara berkala

Pelaku bisnis dapat menggunakan hasil laporan yang diberikan oleh BI untuk melakukan penilaian secara mendalam. Berdasarkan penilaian tersebut diharapkan dapat memunculkan tren bisnis terkini yang dapat digunakan untuk meningkatkan profit perusahaan.

Demikianlah informasi mengenai business intelligence yang dapat kami bagikan. Sekarang kamu sudah tahukan fungsi dari sistem ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again