1. DScovery

Business Manager: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab serta Karakter yang Harus Dimilikinya

Seorang business manager harus memastikan semua komponen perusahaan tetap terkendali.

Perusahaan adalah sebuah tim yang terbentuk atas beberapa orang yang saling bekerja sama sesuai tugas dan wewenang masing-masing untuk mencapai tujuannya. Untuk memastikan seluruh komponen dalam tim ini bekerja dengan baik, perusahaan membutuhkan seorang business manager sebagai pengendali kontrolnya.

Seorang business manager bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan operasional perusahaan dan karyawannya. Selain itu, business manager juga harus melakukan pengawasan langsung terhadap jalannya operasional bisnis agar tetap berjalan dengan baik sesuai rencana.

Lantas, apa yang sebenarnya disebut sebagai business manager dan apa saja tugas serta karakteristik yang dibutuhkannya?

Pengertian Business Manager

Business manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengurus segala kepentingan perusahaan, baik antar individu, institusi, organisasi maupun perusaaan lain. Seorang business manager harus memastikan karyawan lain untuk bekerja secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Selain itu, business manager juga dapat berfungsi sebagai kontrol administrator yang mencakup pengawasan langsung serta pengendalian proses produksi yang dilakukan oleh karyawan. Hal tersebut dilakukan karena business manager memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan perusahaan.

Apabila fungsi business manager sebagai pengendali kontrol ini tidak berfungsi, maka perusahaan akan mengalami berbagai hambatan yang disebabkan baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Jika hal ini terjadi, seorang business manager juga harus berpikir cepat untuk mengatasinya agar seluruh hambatan tersebut diselesaikan dengan cara yang cepat dan tepat.

Tugas dan Tanggung Jawab Business Manager

Pada dasarnya, seorang business manager bertugas untuk mengarahkan pekerjaan atau proyek yang sedang dilakukan. Seorang business manager juga memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab lain, di antaranya:

Mengawasi Jalannya Operasional Bisnis

Seorang business manager harus melakukan pengawasan terhadap jalannya operasional bisnis, meliputi pengawasan terhadap kelancaran rencana bisnis serta kinerja karyawan. Selain memantau dan memastikan kinerja karyawan yang maksimal, seorang business manager juga harus mampu memberikan feedback dan menjaga hubungan baik dengan setiap karyawan agar tidak terjadi miskomunikasi.

Mengembangkan Rencana Bisnis

Selain mengawasi, seorang business manager juga bertugas untuk mengembangkan rencana bisnis yang telah ditentukan oleh perusahaan. Mereka harus mamp mengidentifikasi peluang-peluang yang dianggap strategis untuk pengembangan bisnis.

Mengambil Langkah yang Diperlukan untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Seorang business manager juga harus memiliki kecakapan untuk menentukan langkah mana yang harus diambil untuk mencapai tujuan bisnis. Dalam hal ini, mereka harus melakukan perancangan dan mengimplementasikan rencana serta strategi bisnis yang diambil untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang cukup dan berkualitas untuk mewujudkannya.

Melakukan Evaluasi terkait Kinerja Perusahaan

Terakhir, seorang business manager juga harus meelakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan. Dalam hal ini, mereka harus mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data internal dan eksternal terkait dengan kinerja perusahaan.

Karakter yang Harus Dimiliki oleh Seorang Business Manager

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seorang business manager harus mampu bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan seluruh komponen bisnis bekerja dengan baik sesuai arahan. Dengan kata lain, seorang business manager harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik untuk memenuhi tanggung jawab tersebut.

Jiwa kepemimpinan tidak hanya tercermin dari tindakan dan perkataannya saja, melainkan juga bagaimana cara mereka bekerja untuk menggabungkan banyak ide dan memilih solusi yang paling tepat untuk digunakan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Seorang business manager juga dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, dalam tugasnya seorang business manager harus berhubungan dengan banyak orang. Komunikasi yang baik juga dapat menjauhkan perusahaan dari berbagai masalah yang akan muncul.

Mampu Memotivasi Karyawan

Tugas seorang business manager harus dapat mendorong karyawan agar mampu melakukan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu, seorang business manager harus memiliki kemampuan untuk memotivasi karyawannya.

Mampu Mendelegasikan Pekerjaan

Seorang business manager juga harus mampu mendelegasikan pekerjaan secara efektif sesuai tugas dan wewenangnya. Pasalnya, business manager harus bertindak sebagai pemimpin yang bertanggung jawab memastikan tim yang dipimpinnya berfungsi dengan baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai business manager yang telah Daily Social rangkumkan untukmu. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang business manager adalah posisi yang cukup krusial di sebuah perusahaan, karena harus bertanggung jawab memastikan operasional bisnis berjalan dengan baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again