25 June 2015

by Glenn Kaonang

Canon PowerShot G3 X Ramaikan Kategori Kamera Superzoom

Optical zoom adalah salah satu keunggulan kamera digital yang sampai detik ini belum bisa ditandingi oleh kamera smartphone. Apalagi jika yang dibicarakan adalah kamera yang masuk dalam kategori superzoom, seperti kamera teranyar Canon berikut.

Dilabeli Canon PowerShot G3 X, kamera ini memiliki bodi yang cukup ringkas. Tidak sekecil kamera saku memang, akan tetapi masih setara kamera mirrorless. Bedanya, lensa milik G3 X ini tidak bisa dilepas-pasang.

Namun lensa tersebut justru merupakan nilai jual utamanya. Lensa ini memiliki jangkauan 24 - 600 mm, atau 25x optical zoom, dengan aperture f/2.8-5.6. Sebagai pembanding, kamera smartphone saja biasanya hanya bisa melakukan perbesaran hingga 5x, dan itu pun bukan optical melainkan digital zoom.

Info menarik: Duo Kamera Compact Baru Sony Tawarkan Zoom 30x dan 5-Axis Image Stabilization

Karena pengguna kamera ini nantinya pasti sering memotret dalam posisi zoom yang jauh, maka dibutuhkan sistem image stabilization yang baik. Canon telah membekali G3 X dengan perpaduan sistem optical dan digital hingga membentuk image stabilization 5-axis, yang akan memaksimalkan peredaman guncangan akibat genggaman yang kurang stabil.

Terkait kualitas gambar, Canon telah membekalinya dengan sensor CMOS 1 inci beresolusi 20,2 megapixel. Sensor ini pun cukup sensitif, dengan rentang ISO 125 - 12.800. Ukuran sensor yang cukup besar ini, dipadukan dengan prosesor DIGIC 6, membuat kualitas gambarnya di kondisi low-light lebih baik ketimbang kamera compact standar yang biasanya mengemas sensor berukuran lebih kecil.

Untuk video, tersedia opsi perekaman maksimum 1080p 60 fps, plus jack terpisah untuk headphone serta mikrofon. Dan buat Anda yang sering menjepret gambar tanpa henti, burst rate kamera ini mencapai angka 5,9 fps, dengan klaim ukuran buffer yang cukup besar.

Info menarik: Canon Luncurkan XC10, Camcorder Berukuran Ringkas dengan Kemampuan Merekam Video 4K

Dari segi fisik, kamera ini memiliki rangka yang tahan air dan debu, setara dengan ketangguhan DSLR Canon EOS 70D. Tidak ada electronic viewfinder (EVF) di belakangnya, tetapi Anda mendapat layar sentuh 3,2 inci dengan resolusi 1,62 juta dot. Tentu saja, layar ini bisa diputar hingga menghadap ke depan untuk keperluan selfie.

Selesai mengambil selfie, foto-foto tersebut langsung dapat Anda kirim ke smartphonevia Wi-Fi atau NFC. Fungsi remote control pun turut hadir jika Anda hendak mengoperasikannya dari kejauhan.

Canon PowerShot G3 X dijadwalkan untuk segera dipasarkan mulai bulan Juli mendatang seharga $1.000. Agar semakin menarik perhatian, kamera ini juga kompatibel dengan sejumlah aksesori milik DSLR Canon.

Sumber: Canon via Gizmodo.