1. Lifestyle

Cara Belanja di Steam Dengan Kartu XL

Steam, layanan distribusi digital besutan Valve ini adalah salah satu alasan mengapa industri video game bisa sangat canggih seperti sekarang. Kemudahan yang disajikannya telah dibuktikan oleh puluhan juta pengguna dari seluruh dunia. Sebuah kabar gembira untuk Anda yang bingung mencari cara termudah untuk berbelanja di sana, kini Anda bisa melakukannya dengan kartu XL.

Walaupun sangat populer di mancanegara, Steam mungkin masih menjadi nama yang cukup asing di telinga kita. Kita hanya tahu bahwa ia adalah portal software digital besutan developer game terbesar di dunia. Namun saat ditanya apakah konsumen lokal berkenan untuk berbelanja di sana, banyak orang mengurungkan niatnya karena berbagai alasan: tidak memiliki kartu kredit, bingung bagaimana menggunakan PayPal dan lain-lain.

 

Info menarik: Steam Music: Integrasi Musik, SteamOS dan Video Game

 

XL menemukan sebuah metode menarik untuk menjawab tantangan ini. Sebenarnya ia mengusung teknik yang sama saat pengguna ingin membeli voucher game digital Indomog, Digicash ataupun Asiasoft. XL akan mengubah saldo pulsa Anda menjadi kredit in-app Steam, atau Steam Wallet.

Caranya sangat mudah. Pastikan saja Anda telah memiliki saldo pulsa kartu XL yang mencukupi untuk menukarkannya dengan Steam Wallet. Silakan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketik SMS MAIN, kemudian kirim ke nomor 5525
  2. Akan keluar layar menu dengan beberapa pilihan jenis voucher game (seperti yang saya bahas sedikit sebelumnya). Pilih Reply dengan angka. Dalam contoh yang saya dapatkan, Steam Wallet berada di angka lima. Jadi pilih '5'.
  3. Kemudian pilih denominasi kredit yang Anda inginkan dengan metode yang sama seperti di atas.
  4. Anda akan masuk pada layar konfirmasi. Di sana Anda akan tahu berapa jumlah pulsa yang ditukar untuk kredit Steam Wallet. Contohnya Rp 83.600 untuk Steam Wallet senilai US$ 5. Jika sudah sesuai keinginan Anda, pilih 'Ya'.
  5. Setelah itu Anda akan mendapatkan jawaban berupa kode voucher top-up 15 digit Steam Wallet. Simpan baik-baik.

 

Info menarik: Infectonator: Survivors Bergabung ke Steam Greenlight

 

Langkah pertama selesai, kini saatnya memasukkan kode voucher tersebut pada akun Steam Anda. Pastikan: app desktop Steam sudah terinstal di PC, dan akun tersebut benar-benar milik Anda.

  1. Setelah log-in, Anda tinggal memilih opsi Redeem Steam Wallet pada menu Games di sebelah kiri atas.
  2. Silakan masukan voucher yang Anda dapatkan via SMS ke dalam kolom yang disediakan.
  3. Steam akan memberi tahu Anda bahwa voucher telah berhasil di-redeem.
  4. Sekarang Anda bisa mulai berbelanja.

Pertanyaan yang banyak diajukan konsumen lokal: Mengapa harus menggunakan Steam, bukankah membeli kopi fisik juga sama-sama mudah? Berbeda dari retailer app biasa, Steam-lah yang paling banyak memberikan diskon dan penawaran menarik. Jika harga game di toko biasa tidak banyak mengalami penurunan, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 40 persen untuk game-game baru di Steam.

Tapi bagi saya, kemudahan belanja di Steam via XL ini mempermudah akses pada permainan-permainan alpha Early Access 'eksklusif' yang hingga kini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Steam, seperti: DayZ, Divinity: Original Sin, Wasteland 2 hingga Planetary Annihilation.

Info lengkap menggunakan kartu XL untuk Steam bisa dilihat di tautan ini: XL.co.id.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again