Cara Belanja Game di Epic Games Store

Cara Belanja Game di Epic Games Store

Ayo kita coba berbelanja menggunakan metode offline.
Ashen, ARPG ala Dark Souls yang baru tersedia di Epic Games Store.
Ashen, ARPG ala Dark Souls yang baru tersedia di Epic Games Store.

Berkat strategi pembagian keuntungan 88 banding 12 persen, Epic Games Storeberhasil menggaet sejumlah developer untuk melepas kreasinya di platform distribusi digital tersebut serta melakukan kesepakatan eksklusif. Umumnya, mereka yang bermigrasi ke layanan buatan tim di belakang Fortnite dan Gears of War itu ialah studio-studio independen, namun beberapa sudah memupuk reputasi lewat judul-judul istimewa.

Tak seperti Steam, untuk sementara pihak Epic Games terlibat langsung dalam proses kurasi demi memastikan produk-produk yang ditawarkan di platform mereka merupakan judul-judul berkualitas. Epic Games sempat menyampaikan bahwa toko digital mereka tidak dirancang buat berkompetisi dengan Steam, tapi menariknya, tim terlihat cekatan demi memastikan konsumen mudah bertransaksi – termasuk bagi gamer di Indonesia.

Setelah mengutak-utik sedikit, ternyata berbelanja permainan di Epic Games Store cukup mudah. Hanya saja, buat sekarang metode transaksinya masih terbatas. Kabar gembiranya, Epic Games turut menyediakan metode pembelian secara offline lewat gerai minimarket. Penasaran? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi Epic Games Store via browser.

Epic 1

2. Lihat ke pojok kanan atas, Anda akan menemukan tombol Sign In dan ‘Get Epic Games‘ berwarna biru.

3. Silakan klik tombol Sign In, dan Anda akan dibawa ke laman registrasi. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan akun PlayStation Network, Xbox Live, Nintendo, Facebook dan Google+ (segera ditutup dalam waktu dekat). Saya sendiri memilih untuk membuat akun baru via opsi ‘Sign Up‘ di bawah.

Epic 2

4. Selanjutnya, pilih negara tempat Anda berdomisili, masukkan data-data yang diminta (nama, alamat email, password), dan jangan lupa checklist bagian ‘I have read and agree to the terms of service‘.

5. Buka email, dan Anda akan menemukan surel verifikasi. Silakan klik tautan yang ada di sana. Jika belum terkirim, masuk ke page account setelah sign in, dan kirim ulang email verifikasinya.

Epic 8

6. Kembali ke laman utama Epic Games Store, klik tombol ‘Get Epic Games‘ untuk mendapatkan installerEpic Games Launcher.

7. Setelah ini, pembelian bisa dilakukan lewat website Epic Games Store di browser atau melalui aplikasi Epic Games Launcher. Jika Anda memilih metode kedua, biarkan app melakukan update otomatis.

8. Cari permainan yang Anda inginkan, misalnya Hades (early access) buatan Supergiant Games. Klik tombol harga yang ada di bagian product home.

Epic 3

9. Sebuah window baru akan muncul, berisi opsi metode pembayaran. Saat ini, tesedia pilihan transaksi via PayPal, XL Axiata, DOKU Wallet, atau Alfamart.

Epic 4

10. Saya akan mencoba memilih pembelian via Alfamart. Anda bisa men-checklist catatan di kiri bawah jika tak mau menerima email promosi dari pihak developer/publisher. Dari sini, tinggal klik Place Order.

Satu kelemahan signifikan dari Epic Games Store dibanding Steam adalah harga yang belum dilokalisasi. Tinggi rendahnya harga game bergantung dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Disajikan dalam rupiah, harga game di Steam untuk user di Indonesia tetap stabil, tidak fluktuatif, bahkan jauh lebih murah dari ‘MSRP’.

Epic 5

Di Epic Games Store, Anda harus membayarkan uang Rp 308 ribu untuk permainan seharga US$ 20. Jika setuju, klik Continue.

11. Silakan pergi ke gerai Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, Lawson atau DAN+DAN terdekat; dan bilang pada kasir Anda ingin melakukan pembayaran lewat XSOLLA. Tersedia instruksi di page pembayaran jika kasir bingung.

Epic 6

12. Berikan kode pembayaran yang ada, misalnya ‘8888820300220754’. Kasir akan melakukan konfirmasi nama konsumen, merchant dan nominal. Setelah bertransaksi, simpan tanda terimanya.

Epic 7

13. Kode akan dikirim lewat email, dan Anda tinggal memasukkan kode redeem tersebut di laman akun Epic Games Store.

14. Voilà, Hades (atau game apapun yang dipilih) telah menjadi milik Anda.

Saya akui, pilihan permainan di Epic Games Store memang masih terbatas. Namun sejumlah game di sana tidak bisa Anda temukan di platform distribusi lain, misalnya Hades, Ashen, atau judul-judul yang akan datang seperti Rebel Galaxy Outlaw, Genesis Alpha One dan World War Z. Dan saya yakin dengan penawaran 12/88, akan ada banyak developer tertarik buat bergabung.

Selain berjanji buat menambah koleksi game di platform-nya, Epic Games juga berencana untuk mempersilakan pengguna menikmati game gratis secara konsisten. Berdasarkan jadwal yang telah diungkap, Subnautica dapat dimainkan cuma-cuma dari tanggal 14 sampai 27 Desember. Setelah itu giliran Super Meat Boy mulai 28 Desember hingga 10 Januari 2019.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…