6 Cara Jitu Memulai Bisnis Tanpa Hutang

Ingin memulai bisnis tapi tidak ingin memiliki utang? Berikut informasinya.

Seringkali banyak orang merasa ragu ingin menjalankan bisnisnya karena tidak berani mengambil resiko. Belum lagi jika terkendala modal yang mengharuskan meminjam uang agar bisa memulai bisnis. Padahal, dengan perencanaan diikuti dengan strategi yang baik kamu bisa meminimalisir resiko terjadinya kerugian.  Tentu saja, bukan tidak mungkin kamu bisa memulai bisnismu tanpa perlu berutang. Berikut informasi cara jitu memulai bisnis tanpa utang.

Menjalankan Bisnis Tanpa Modal

Kamu bisa kok memulai bisnis tanpa modal. Kamu hanya perlu memanfaatkan kompetensimu dan juga memanfaatkan peralatan yang ada di rumah saja. Misalnya, kamu bisa menawarkan jasa foto dengan menggunakan perangkat milikmu.

Selain tanpa utang, bisnis ini bisa meraup lebih banyak cuan, lho. Pastinya, kamu tidak perlu repot repot memikirkan utang yang perlu kamu bayar, karena kamu menjalankan bisnis tanpa modal.

Menggunakan Tabungan Pribadi

Nah, dengan cara ini kamu cukup mengambil uang tabunganmu untuk dijadikan modal bisnis. Tabungan pribadimu bisa dimanfaatkan dengan memulai bisnis dalam skala kecil terlebih dahulu.

Gunakan uang tabunganmu seperlunya saja, sisakan untuk uang darurat dan uang untuk kebutuhan harian. Setelah bisnismu berjalan lancar, kamu bisa mengumpulkan uang untuk ditabung kembali.

Menerapkan Sistem Pre-Order (PO)

Kalau kamu memang memiliki keinginan kuat untuk berbisnis, kamu bisa menerapkan cara yang satu ini. Caranya yaitu, kamu bisa menawarkan kepada pembeli produk yang ingin kamu jual. Lalu, kamu data pembeli tersebut dan kenakan biaya di muka berkisar 50% dari harga produkmu.

Nah, setelah itu kamu hanya perlu menindaklanjuti dengan melakukan produksi sesuai jumlah pesanan yang kamu terima. Cara ini biasanya diterapkan pada bisnis bidang kuliner untuk meminimalisir kerugian.

Mencari Rekan Bisni

Cara ini bisa kamu coba ketika bisnismmu sudah berjalan, namun kamu terkendala modal untuk melanjutkan bisnismu. Daripada kamu memilih meminjam uang melalui aplikasi online, lebih baik kamu mencari rekan bisnis agar melakukan investasi pada bisnismu.

Selain tidak perlu berutang, kamu bisa menjalankan bisnismu bersama-sama. Nah, setelah bisnismu berhasil dijalankan kembali, kamu harus berbagi laba dengan adil kepada rekan bisnismu.

Memanfaatkan Aset

Jika kamu memiliki aset seperti, perhiasan, barang elektronik, surat berharga, dan sejenisnya kamu bisa manfaatkan dengan menjualnya atau menggadainya untuk memulai bisnismu.

Pastikan asetmu bernilai tinggi agar bisa digunakan untuk menambah modal bisnismu. Nah, kamu bisa menebus atau membeli aset baru dengan keuntungan yang telah kamu raih dari bisnismu.

Mencari Investor

Dengan adanya investor, kamu bisa mendapatkan uang jumlah banyak dalam waktu cepat untuk memulai bisnis. Berbeda jika kamu memilih untuk meminjam uang melalui aplikasi online, walau cepat dan mudah namun uang yang didapatkan terbilang terbatas. Kamu hanya perlu mempresentasikan konsep, ide dan proposal mengenai bisnis yang ingin kamu mulai kepada investor.

Dengan cara berikut, kamu bisa memulai bisnis tanpa perlu khawatir memikirkan utang untuk dibayar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again