1. DScovery

3 Cara Cek ID Pelanggan PLN Tanpa Struk, Mudah dan Cepat

Kamu ingin membeli token listrik namun tidak mengetahui berapa ID pelanggan kamu? Kamu juga tidak menyimpan struk terakhir pembayaran PLN? Berikut ini adalah cara untuk melihat ID pelanggan PLN tanpa menggunakan struk dengan mudah dan cepat!

Setiap rumah pasti memiliki listrik untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Di Indonesia, terdapat perusahaan yang bertugas menyediakan listrik untuk semua orang di Indonesia. Perusahaan ini bernama Perusahaan Listrik Negara atau yang selama ini kita ketahui, PLN.

Sistem pembayaran PLN ini ada 2 (dua), yaitu prabayar dan pascabayar. Pembayaran sistem prabayar dilakukan dengan menggunakan pembelian token, sedangkan pascabayar dilakukan setelah menggunakan listrik.

Kedua sistem pembayaran ini, membutuhkan sebuah ID pelanggan untuk membayar tagihan atau membeli token listrik tersebut. Namun, seringkali kita lupa berapa ID pelanggan PLN dirumah.

Biasanya, orang akan menyarankan untuk melihat struk terakhir pembayaran. Namun, tidak semua orang menyimpan struk tersebut secara sengaja maupun tidak.

Lantas, bagaimana jika kita tidak mengetahui ID pelanggan PLN?

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui ID pelanggan PLN melalui berbagai cara.

Cara Cek ID Pelanggan PLN melalui Meteran PLN

Meteran PLN / Photo by Fathia DailySocial.id

Cara ini merupakan cara paling mudah dan praktis karena kamu tidak perlu melihat ID pelanggan melalui pihak ketiga, seperti aplikasi dan website. Karena hanya dengan melihat meterannya saja, kamu sudah dapat melihat ID pelanggan.

Pertama, lihat meteran listrik yang ada di rumah. Biasanya, terdapat sebuah barcode didalamnya. Dan jika kamu sudah menemukannya, kamu bisa melihat di bawah barcode. Jika kamu menemukan 11 hingga 12 digit angka, maka itulah ID pelanggan PLN rumah tersebut.

Cara Cek ID Pelanggan PLN melalui Website Resmi PLN

Website Resmi PLN / Capture by Fathia DailySocial.id

Selain itu, kamu juga bisa melihat ID pelanggan PLN melalui website resmi https://layanan.pln.co.id/ . Cara ini juga merupakan cara yang mudah, terutama jika kamu sudah memiliki akun di website resmi PLN.

Kamu hanya perlu login dengan email yang sudah terdaftar. Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukan kode verifikasi yang telah diberikan untuk memastikan itu benar-benar pemilik akun. Jika sudah, website akan menampilkan ID pelanggan PLN kamu dan juga total tagihan yang harus dibayarkan.

Cara Cek ID Pelanggan PLN melalui Aplikasi PLN

PLN Mobile / Capture by Fathia DailySocial.id

Jika kamu tidak bisa melihat dari dua cara diatas, kamu bisa mencoba cara ini. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile yang ada di App Store maupun Play Store. Walaupun cara ini melalui pihak ketiga, namun tetap tidak serumit yang dibayangkan.

Di aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap. Kamu bisa melihat informasi jumlah pemakaian listrik, biaya tagihan listrik, pemilik rekening, dan nomor ID pelanggan PLN.

Jika kamu sudah berhasil melakukan dan mendapatkan ID pelanggan kamu, jangan lupa untuk selalu mencatat di tempat yang tidak mudah terbuang dan tempat yang selalu kamu ingat. Agar kamu bisa membayarnya dengan mudah untuk keesokan harinya.

Demikianlah cara melihat ID pelanggan PLN melalui cara manual maupun online, semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again