1. Startup

Pendekatan PLN Jalin Sinergi dengan Ekosistem Startup

Connext dijadikan program untuk menyaring startup yang akan digandeng bekerja sama lebih dalam dengan ekosistem bisnis PLN

Sebagai perusahaan milik negara, PLN juga berupaya untuk meningkatkan layanan dan bisnisnya, salah satunya lewat transformasi digital. Berbagai strategi terus diracik, termasuk dengan menjalin sinergi dengan ekosistem startup di Indonesia. Program yang baru-baru ini dilangsungkan untuk merealisasikan strategi tersebut adalah PLN Connext.

Connext merupakan rangkaian program inkubasi (untuk startup tahap awal) dan kolaborasi (untuk tahap lanjut) yang fokus pada startup yang memiliki keterikatan dengan bisnis kelistrikan -- baik secara langsung maupun tidak langsung. Proposisi nilai yang ditawarkan adalah terbukanya akses pasar, mentoring dengan profesional, dan product co-creation untuk para calon founder.

PLN telah meneken MoU dengan 6 startup lulusannya untuk bersama-sama mengembangkan bisnis, yakni dengan Fresh Factory, Amoda, Kanggo, Imajin, Nodeflux, dan Rekosistem.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, "Melalui program Connext, kami menyampaikan dukungan penuh kepada startup terpilih yang akan belajar dan bergabung dengan ekosistem PLN. Ini merupakan bentuk kolaborasi PLN dengan startup yang bertujuan mengubah tantangan global terkait disrupsi teknologi menjadi peluang," ungkapnya.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang bagaimana strategi sinergi PLN dengan ekosistem startup dan program Connext, DailySocial.id berkesempatan untuk berbincang dengan tim dari PLN.

Butuh lebih dari sekadar kolaborasi

Prosesi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) PLN dengan enam startup Indonesia terpilih dari Connext / PLN

Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam sinergi adalah agar startup terkait bisa bergabung dengan ekosistem PLN dan menjalankan bisnis bersama. Khususnya dalam rangka mendukung pengembangan teknologi dan model bisnis yang lebih inovatif, serta berkelanjutan dalam sektor energi kelistrikan.

"Untuk menghadirkan sebuah langkah progresif perseroan demi mencapai ekosistem bisnis berkesinambungan, dibutuhkan lebih dari sekadar kolaborasi. Sehingga, penting bagi PLN untuk bisa memfasilitasi para startup dengan dukungan yang lebih spesifik dan terstruktur, sesuai dengan level dan kebutuhan dari startup itu sendiri," ujar tim PLN kepada DailySocial.id.

Justifikasi terhadap pemilihan 6 startup di atas, perseroan melihat adanya peluang sinergi demi meningkatkan value di bidang lingkungan, sosial, dan keterlibatan aktif masyarakat.

“Kami menghargai keunikan dari keenam startup dari industri berbeda dalam program Connext by PLN. Kami percaya bahwa setiap industri memiliki peran dan tempat dalam ekosistem kami, sejalan dengan nilai-nilai PLN seperti inovasi dan keberlanjutan dan semuanya memiliki potensi untuk berkolaborasi dan mendukung visi kami.”

Terkait kolaborasi, diakui bahwa terkadang jalannya tidak mulus. "Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam hal penyesuaian budaya kerja, namun PLN senantiasa berupaya untuk bisa menciptakan proses yang agile dan membangun hubungan yang produktif serta kinerja yang efektif dengan para startup," imbuh mereka.

Transformasi digital PLN

Transformasi digital yang dilakukan PT PLN selama tiga tahun terakhir diklaim menjadi titik perubahan besar. Perseroan melakukan digitalisasi pembangkit, digitalisasi transmisi dan distribusi, digitalisasi sistem keuangan, sistem pengadaan, sistem pembayaran, sampai digitalisasi sistem pelayanan pelanggan.

Kepemimpinan yang ada berambisi membuat agar PLN mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi. “Hari ini, sistem pelayanan pelanggan jadi jauh lebih cepat, jadi jauh lebih memuaskan. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal,” ujar tim PLN menjelaskan.

Salah satu hasil dari transformasi yang  cukup dibanggakan adalah lahirnya aplikasi New PLN Mobile. Dulu, aplikasi ini dipasang hanya oleh 500 ribu pengguna. Ironisnya, setelah diunduh aplikasi tersebut kemudian di-uninstall oleh 450 ribu penggunanya, menandakan tingkat retensi yang sangat buruk. Rating-nya pun rendah, hanya mendapatkan 2,5 dari skala 5, dengan kolom komentar banyak diisi kekecewaan pelanggan.

Atas pengalaman tersebut, perusahaan mencoba mengalibrasi ulang strategi mereka dalam layanan digital. “PLN Mobile bukan sekedar aplikasi saja, kini menjadi one stop services kebutuhan masyarakat mulai dari layanan kelistrikan, layanan kendaraan listrik, hingga layanan internet. Lewat PLN Mobile, masyarakat makin efisien waktu dan mampu mendapatkan layanan tercepat dari PLN.”

Dalam waktu 3 tahun, PLN Mobile kini telah diunduh lebih dari 40 juta pengguna, dengan skor rating mencapai 4,9.

Selain di bagian pelayanan pelanggan, sejumlah upaya transformasi juga dilakukan, di atarnya:

Area TransformasiStrategiContoh Dampak
Lini Energi PrimerMenata ulang seluruh proses bisnis pengadaan.Tahun 2022 ketika ada krisis batu bara nasional, PLN terkena dampaknya. Hari ini, seluruh pembangkit PLN memiliki stok rata-rata untuk 20 hari ke depan, jauh di atas batas aman. Menjadi security of supply terbaik sepanjang sejarah PLN.
Lini jaringan transmisi dan distribusiMembangun sistem operasi yang andal.Tahun 2019 terjadi black-out yang menyebabkan seluruh sistem kelistrikan di Jawa padam. PLN membangun corrective action, dari yang dulunya monitoring dilakukan secara manual, kini jaringan dapat dipantau secara digital melalui sebuah dasbor. Sehingga, di mana pun ada gangguan, sistem secara langsung dapat mendeteksi dan melakukan penanganan gangguan.

Terus mengupayakan sinergi dengan startup

PLN tidak memungkiri, bahwa ekosistem startup di Indonesia nyata-nyata membuat perubahan masif dalam transformasi digital. Implikasinya, generasi selanjutnya (milenial dan gen-Z) menjadi sangat terbiasa menjalani kehidupan dengan berbagai produk digital. Memaksa berbagai perusahaan untuk turut beradaptasi dengan tren pasar ini.

Connext pun akan berlanjut ke batch berikutnya, sembari PLN mencoba memformulasikan program yang tepat untuk memupuk kolaborasi dengan ekosistem.

"Hari ini kita mengetahui bahwa kehadiran AI terus memberikan gebrakan dan inovasi baru bagaimana kita melakukan hal dengan cara yang berbeda dengan lebih efisien, efektif, dan cepat. Kita bersama mengetahui peranan penting startup dalam kebangkitan transformasi digital di Indonesia dan ini akan terus berlanjut. Untuk itu kami mengajak startup Indonesia untuk bergabung dan berkolaborasi dengan PLN di kemudian hari," tutup mereka.

More Coverage:

Menurut laporan keuangan perusahaan, kinerja bisnis pada H1 2023 ini mengalami pertumbuhan. PLN mengantongi laba berjalan hingga Rp25,92 triliun, melonjak 49% dari periode yang sama di tahun lalu. Demi meningkatkan capaian di tahun berikutnya, di luar layanan utamanya soal kelistrikan, PLN terus mengeksplorasi bisnis pendukung lainnya. Mereka menyebutnya dengan "Beyon kWh".

Salah satu unit bisnis yang sedang hangat digarap adalah ICONNET, layanan internet rumahan bagi pelanggan PLN. Hingga akhir 2022, perseroan mencatat populasi penggunanya sudah mencapai hampir 500 ribu. Dengan menggandeng startup, harapannya ke depan lini digital juga akan diperluas sehingga bisa menghadirkan fitur dan produk baru bagi pelanggan mereka.

-

Disclosure: Kristin Siagian berpartisipasi dalam proses wawancara di artikel ini

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again