Cara Convert Video ke Format Lainnya dengan Aplikasi Format Factory

Video memiliki banyak sekali format atau tipe, biasanya masing-masing format sudah dioptimalkan untuk perangkat yang berbeda. Misalnya untuk laptop lebih sering menggunakan format AVI atau MPEG, kemudian untuk ponsel biasanya 3GP atau MP4.

Itu sebabnya beberapa perangkat tidak dapat memutar video dengan format tertentu. Untuk mengatasinya, Anda perlu meng-convert atau mengubah format video ke dalam format yang didukung oleh perangkat yang hendak digunakan. Nah, tutorial ini akan membantu Anda melakukannya.

Untuk meng-convert video,kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi bernama Format Factory yang sudah sejak lama saya pergunakan. Aplikasi ini gratis, jadi tidak perlu khawatir. Anda boleh mengunduh dan menggunakannnya secara bebas.

Info Menarik:5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Baterai Smartphone Anda

  • Pertama tentunya unduh dahulu aplikasi Format Factory di tautan ini. Install kemudian jalankan di komputer atau laptop Anda.

  • Sebagai contoh saya akan demonstrasikan konversi video dari format .Dat ke format MP4. Oke, pertama saya klik Video - MP4. Ada banyak format yang bisa Anda pilih, jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Di jendela baru klik tombol Add file.

Info Menarik:[Ask the Expert] Cara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Samsung Galaxy S5

  • Kemudian temukan video format awal yang ingin di-convert.

  • Setelah ditambahkan, di sini Anda dapat melakukan beberapa perubahan. Ada beberapa tombol yang dapat dipergunakan, misalnya Output Setting yang dapat Anda gunakan untuk mengubah tujuan konversi. Ini berguna jika Anda berubah pikiran mengenai format akhir video.

  • Di bawahnya ada menu Option yang bila diklik Anda akan dibawa ke panel seperti gambar ini. Di panel ini Anda dapat mengatur detik awal dan akhir. Misalnya Anda ingin membuang bagian awal video maka Anda dapat mengatur start time yang diinginkan.

  • Jika sudah klik tombol OK.

  • Anda akan dihantarkan kembali ke interface utama, lanjutkan dengan mengklik tombol Click to Start.

Info Menarik:Tips Memilih Hardware dan Gaming Gear Dari Tim eSport NXL

  • Tunggu sampai proses konversi selesai, di jendela status akan ada keterangan "Completed" dan juga pemberitahuan melalui system tray. Untuk melihat hasil convert, klik kanan pada file dan klik Open Output Folder.

Selesai, Anda telah berhasil meng-convert video dari format .Dat ke MP4 menggunakan Format Factory. Silahkan dicoba dengan video format lainnya. Aplikasi ini hebatnya juga bisa melakukan konversi file audio dan gambar ke format lainnya.

Sumber gambar header Shutterstock.